PENCARIAN


PROLOG

 

Sebuah fenomena akan menjadi sesuatu hal yang menarik ketika didalam kepala muncul kata tanya, apa ?, kenapa ?, dimana ?, kapan ?, siapa ? dan bagaimana ? atau 5 W & 1 H, ( What, Why, When, Where, Who and How ? ).

Kekuatan dari kata tanya akan mempengaruhi kekuatan untuk menginginkan jawabannya dan begitu keinginan akan sebuah jawaban dari kata tanya  muncul maka secara otomatis kata cari menyusul tampil didalam pikiran. Kekuatan pencarian sudah barang tentu sangat dipengaruhi oleh kekuatan2 tadi, bertambah kuat kata tanya, bertambah kuat keinginan akan jawaban maka semakin kuat pencariannya.

Itulah kira kira proses yang dialami oleh penulis ketika fenomena2 menarik telah terjadi didalam perjalanan kehidupan.

 

Sebuah hal yang sangat biasa dan sangat mudah diucapkan yaitu kata cari. Siapa yang tidak tahu akan arti kata cari? Pasti semua orang sudah sangat paham akan arti sebuah kata “cari”.

Lalu kenapa saya jadikan sebuah judul tulisan ? Apa keistimewaan dari kata ini ?

Banyak, banyak sekali keistimewaannya.

Pertama,    kata cari mengandung makna pada sebuah kegiatan untuk menemukan sesuatu yang tidak terlihat oleh mata.

Kedua,      kata cari mengandung sebuah tanda tanya tentang sesuatu hal yang belum diketahui

Ketiga,      cari adalah sebuah kata kerja yang sifatnya aktif sehingga kata cari mengandung sebuah kegiatan aktif dimana subyek mempunyai keinginan bergerak aktif untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi keinginannya.

Keempat,   selain hal diatas, kata cari mengandung misteri yang kuat karena dengan kata cari orang akan mendapatkan banyak hal selain yang diinginkan juga yang dibagikan, juga yang ditemukan dan banyak lagi hal yang menarik yang akan didapat dengan memakai kata cari.

 

Ketika sebuah kehidupan ada didunia, akan muncul seribu kata tanya didalam perjalanannya, ketika sebuah jawaban didapat, akan muncul lagi ribuan kata tanya dan akhirnya sebuah kata tanya akan mengakibatkan tak terhingga kata jawab.

Jadi sebuah pertanyaan akan mengakibatkan sebuah jawaban yang membentuk ribuan kata tanya, sehingga selama kehidupan didunia ini berputar, tidak akan pernah ada jawaban yang pasti dan dapat dijadikan patokan untuk selamanya karena satu jawaban akan mempunyai banyak pertanyaan lagi.

Apakah kita akan terus mengikuti perkembangan dari kata tanya ini ?

Tentu saja tidak, kita harus tahu membatasi berkembangnya kata tanya ini karena kalau tidak kehidupan kita akan terus menerus diliputi pertanyaan dan pada akhirnya mungkin kita akan menjadi gila sendiri.

 

Ribuan kata tanya, membuat ribuan kata cari, ribuan kata cari menghasilkan ribuan kata jawab dan ribuan kata jawab menghasilkan tak terhingga kata tanya lagi. Demikianlah kehidupan, penuh dengan kata tanya, penuh dengan kata cari, penuh dengan kata jawab untuk kemudian menjadi ribuan kata tanya lagi dan …. Akhirnya sebuah kehidupan berakhir pada awal sebuah kehidupan baru yang tidak terjangkau lagi oleh kekuatan daya pikir manusia sepandai apapun dia karena semuanya ada didalam kekuasaan Tuhan YME.

Demikianlah sebuah kehidupan berlangsung dan berakhir pada sebuah tempat yang tidak terjangkau oleh daya pikir manusia.

 

PENCARIAN,

adalah judul dari tulisan ini, yang sengaja dijadikan peran utama didalam skenario cerita kehidupan penulis.

PENCARIAN,

adalah kegiatan pemikiran yang sangat menjangkau nilai nilai dasar dari sebuah kehidupan.

Dan….

PENCARIAN

adalah segala galanya bagi sebuah proses keyakinan dimana sebuah kekuatan yang Maha Besar, sebuah kekuatan yang Maha Kuasa dan sebuah kekuatan yang Maha Pengasih & Penyayang telah menjadi bagian utama didalam sebuah kehidupan.

 

A W A L  

 

Awal adalah sebuah titik dimana kita akan memulai suatu kegiatan, awal adalah sebuah tempat yang mengawali sebuah perjalanan kehidupan manusia dan awal adalah sebuah kata yang mempunyai arti yang luas dan dalam karena dengan kata inilah segala kegiatan apapun dimulai.

 

Sebuah kehidupan diawali oleh denyut janin didalam perut seorang ibu yang berlanjut dengan sebuah perjalanan yang akan selalu bertemu dengan awal dari langkah langkah baru.

 

Disaat sebuah jiwa merasa tidak menemukan suatu kejelasan didalam keberadaannya didunia yang fana ini, disitulah titik awal sebuah pemcarian. Existensi manusia didunia dan untuk apa dia ada dan kenapa dia harus  berada dan banyak lagi pertanyaan pertanyaan yang muncul didalam pikiran ini.

 

Ketika awan mulai bergerak kearah timur dengan kencang dan tatkala angin mendorongnya dengan kekuatan yang tidak mungkin dapat ditandingi oleh kekuatan apapun yang dapat kita raba, disinilah penulis merasa adanya sebuah kekuatan yang Maha Besar yang tidak dapat kita definisikan dengan rumus apapun dan itulah Tuhan, Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa.

 

Tuhan, adalah sebuah kata yang diperkenalkan orang tua pertama kali pada saya tatkala saya mulai belajar mengaji dan belajar sholat. Sebuah kebiasaan yang selalu diajarkan orang tua adalah selalu bilang “Bismillahhirrahmannirrahim” sebelum melakukan suatu kegiatan, dan dengan patuh saya mengikuti apa yang diajarkan. Hal kedua yang diperkenalkan orang tua pada saya adalah kita hidup karena Allah dan kita matipun karena Allah, sayapun menerima begitu saja tanpa ada pertanyaan yang berarti.

Waktu terus berjalan dan sayapun tumbuh dari anak kecil menjadi anak besar, dari anak besar jadi remaja kecil, dari remaja kecil jadi remaja besar..

Saat mulai menginjak remaja besar inilah pertanyaan demi pertanyaan selalu muncul dialam pikiran, kadang kadang pertanyaan itu sangat naif tetapi sulit mencari jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: