S e n i


Pengertian Seni

Didalam kehidupan manusia kata seni sering sekali dikaitkan dengan sebuah karya gambar atau lukisan. Ada semacam kesalahan didalam mengartikan kata seni yang sebenarnya sangat luas.
Banyak sekali hal hal yang berkaitan dengan kegiatan manusia yang sangat indah walaupun itu bukan dalam bentuk karya lukis. Misalnya ada sebuah analisa yang sangat baik mengenai kebutuhan perang didunia ini dimana disana terlihat adanya sebuah kecenderungan memakai kata seni untuk sebuah rencana penyerangan ataupun untuk bertahan. Dalam hal ini kata seni sama sekali sudah tidak berbentuk karya gambar ataupun lukisan tetapi dalam bentuk konsep strategi perang.

Ada sebuah contoh lain dimana seseorang membuat kesalahan yang sering membuat dirinya terpuruk pada kemiskinan dan ketidak percayaan pada kehidupan ini. Tiba tiba didalam pikirannya muncul sebuah gagasan untuk merobah sikap hidup dan cara dia menjalaninya. Sekelumit terlihat ada sebuah sinar terang berada didalam pikirannya dan dia begitu kagum dengan cahaya tersebut karena menerangi seluruh alam pikirannya dan disana dia melihat betapa indahnya pengalaman dia yang membuat dirinya begitu menyadari bahwa tanpa kesalahan dan pengalaman yang pahit sangatlah mustahil dia mendapatkan cahaya itu dan disitulah dia menyadari betapa sebuah kesalahan dan kemiskinan merupakan sebuah seni kehidupan yang membuat hidup ini menjadi lebih indah dan mempunyai arti yang begitu dalam.

Jadi apa sebenarnya seni itu ?
Jika kita melihat dari asal muasalnya kata seni sebenarnya sangatlah sederhana karena kata ini hanya sekedar istilah yang tanpa sengaja dilontarkan oleh seseorang yang pada waktu itu sangat mengagumi sebuah keindahan alam dan didalam bayangan kalbunya keindahan alam itu begitu merasuk kedalam jiwanya dan tanpa dia pikir pikir lagi dengan segera dia mengungkap keindahan itu dengan kata seni yang berarti indah.
Walaupun cerita diatas belum tentu benar atau tidaknya tetapi dari situ kita dapat membaca bahwa memang kata seni seringkali dikaitkan dengan keindahan yang memang jelas ada hubungannya.
Seni didalam bahasa lain bisa juga berarti bahasa atau suara dimana setiap orang yang mengeluarkan suara indah selalu dikategorikan dengan seni suara. Nah apabila segala yang indah indah itu selalu dikaitkan dengan seni, apakah memang seni itu sama dengan indah ?
Ada semacam kerancuan didalam memberikan ketepatan dalam pengertian seni karena setiap orang dapat saja berbicara seni menurut sudut pandangnya masing tanpa dapat dipersalahkan ataupun diganti dengan sudut pandang lain, tetapi sepertinya sudah ada kesepakatan tanpa rundingan dimana kata seni sering sekali dikaitkan dengan kata indah sehingga seperti sudah menjadi kebiasaan bahwa seni itu indah, dan karena sepertinya semua orang dengan sudut pandang manapun akan sepakat bahwa SENI adalah :

SEBUAH KEINDAHAN YANG DAPAT MENGUNGKAP RASA
SAMPAI JAUH KEDALAM JIWA SESEORANG

Jadi apabila pernah merasakan sebuah getaran keindahan yang begitu dalam dan membuat kita tidak dapat lagi melupakannya maka artinya kita sudah dapat menangkap arti kata seni dalam arti yang sebenarnya.

* * *

Sejarah Perkembangan Seni

Seperti telah diuraikan pada Pengertian Seni, terdapat kalimat yang mengatakan bahwa keindahan adalah seni karena menyentuh kedalaman rasa pada seorang manusia. Jika kita kaji lebih jauh, maka akan kita lihat betapa manusia tidak dapat dipisahkan dengan kata SENI dimana setiap detik nafas kehidupan akan merupakan keindahan bagi setiap insan manusia yang merasakannya. Ada semacam keinginan yang sangat mendasar dimana keindahan menjadi faktor utama didalam menentukan sebuah kwalitas kehidupan. Walaupun tidak dapat diukur dengan tepat, tetapi seperti ada kesepakatan yang menggambarkan nilai nilai keindahan mempengaruhi setiap langkah kemajuan jaman.

Dimulai dengan pembentukan sebuah tempat dimana manusia tinggal. Pada jaman dulu dimana kebutuhan dasar manusia terhadap tempat tinggal hanya dipengaruhi oleh cuaca dan alam sekitarnya, mungkin belum terlintas untuk berpikir keindahan karena pada jaman itu hal yang sangat mempengaruhi kebutuhan hanyalah bagaimana mereka dapat selamat dari keadaaan cuaca buruk dan binatang buas. Dengan perjalanan waktu dimana kehidupan mulai meningkat kepada kebutuhan lain selain dua hal diatas, manusia mulai memikirkan keindahan yang dapat dilihat dari bentuk bentuk geometris dan lekukan lekukan pada benda benda pakai seperti pegangan pisau dan beberapa alat rumah tangga.
Sampai pada kemajuan yang sangat dramatis dimana ditemukannya rumus rumus mathematis yang dapat menirukan bentuk bentuk alam kedalam bentuk yang dapat diukur, membuat kebutuhan akan keindahan menjadi lebih utama apalagi ketika sebuah kerajaan mulai memperlihatkan kekuasaannya, keindahan menjadi ukuran tingkat kehidupan sosial saat itu.

Sejarah seni dimulai dari saat manusia mulai berpikir akan nilai nilai tambah bagi kehidupan spirituilnya. Disana sering terdapat benda benda istimewa yang memberikan kekuatan spirituil dibentuk dengan sangat memikirkan keindahan, sehingga diperlukan keahlian khusus didalam membuatnya. Sudah barang tentu orang yang diberikan tugas membuat bukan orang sembarangan tetapi orang yang ditunjuk masyarakat karena keistimewaannya dan kemampuan spirituilnya.

Kegiatan spirituil merupakan kegiatan utama bagi peradaban manusia ketika mereka menyadari adanya kekuatan ghaib yang menguasai kehidupan mereka. Dengan segala kekuatan hati mereka berusaha menyentuh kekuatan itu melalui upacara upacara spirituil dengan berharap kehidupan dilindungi dan menjadi lebih baik. Spirituil adalah kebutuhan dasar manusia karena menyentuh jiwa yang memakai raga untuk menjalankan kehidupan didunia yang berarti setiap jiwa yang berada didunia ini akan selalu ingin mendekatkan dirinya pada sebuah kekuatan alam yang sangat diyakini akan memberikan kehidupan yang diinginkan.

Lalu dimana letak keindahan didalam fenomena ini?
Ada semacam rasa yang tidak dapat dianalisa oleh siapapun karena rasa itu telah ada dari sejak manusia menghuni bumi dan apabila kita mengatakan bahwa ini merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa maka hal ini berarti segala hal yang menyangkut rasa merupakan salah satu kehidupan yang diciptakan olehNya pada diri manusia dengan segala kelengkapannya. “Dimana kita dapat merasa, disitulah kita hidup.”
Kalimat sederhana tetapi mempunyai makna yang kuat dimana rasa sangat mendominasi kehidupan manusia didunia ini. Sebagai ungkapan dari setiap perasaan yang timbul, manusia berbuat bermacam cara agar orang lain dapat merasakannya ataupun sekedar mengetahui. Ada semacam kekuatan naluri dimana rasa keindahan sudah berada didalam jiwa manusia begitu dia mengisi sebuah janin didalam kandungan dan hal ini akan dapat dirasakan ketika manusia memulai kehidupannya dan akan selalu berperan penting didalam mengisi segala sisi kegiatannya.

Jadi sebenarnya apa yang kita rasakan tentang keindahan adalah sebuah komponen dasar pada jiwa manusia yang akan terus mengikuti setiap nafas kehidupannya sehingga dengan sendirinya
SENI merupakan KOMPONEN DASAR KEHIDUPAN
Seperti dalam alur cerita pewayangan, setiap tokoh mempunyai peran yang berperan untuk saling melengkapi tata kehidupan yang terjadi dimana setiap tokoh akan memainkan peranannya sesempurna mungkin sehingga ada semacam aturan yang mengatakan bahwa andaikata tokoh yang satu tidak ada maka kehidupan kurang terasa indah.
Nah apabila kita kaji lebih jauh akan arti dari kalimat diatas maka dapat dikatakan bahwa manusia diduniapun selalu mempunyai peran yang saling mengisi bahkan mungkin menjadi pelengkap bagi kehidupan berikutnya. Ada yang mengatakan bahwa manusia bukan manusia kalau dia tidak mempunyai kekurangan ataupun kelemahan. Baik sekali ungkapan itu karena memang seperti sudah tidak dapat kita pungkiri lagi setiap manusia akan mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan juga berbagai kekuatan dan kelemahan yang akan berperan terus selama dia hidup.
Namun apa sebenarnya yang harus dilakukan kehidupan apabila kita ternyata mempunyai kondisi2 yang selalu berlawanan, antara yang baik dan yang buruk, yang kuat dan yang lemah? Jelas ada, karena kita memang ada untuk memainkan peranan yang telah diatur sesuai dengan jalurnya, yang kita sendiri tidak pernah mengetahui apa sebenarnya rencana kehidupan peran kita ini. Andai ada seorang manusia yang dapat mengungkap keadaan yang selalu menjadi teka teki kehidupan, maka mungkin dia adalah seorang tokoh yang luar biasa dan mungkin dia adalah utusan dari kakuatan alam yang sangat mahir dalam menjalankan peranannya sebagai pengungkap peran. Ada juga semacam keraguan yang kadang muncul didalam hati manusia ketika sebuah peran sedang dijalankan tiba tiba berobah tanpa diduga yang akhirnya menimbulkan tanda tanya besar.
Ketika sebuah kehidupan mulai bergerak, disitulah sebenarnya keindahan mulai, dan ketika keindahan mulai bergerak, senipun mulai mengalir disetiap denyut jantung manusia dan ketika jantung dipenuhi aliran seni arti kehidupan mulai terasa indah dan disaat manusia mulai merasa indah disitulah sebuah kekuatan bangkit memenuhi setiap relung ruangan didalam jiwanya dan setiap rasa menempati ruang sendiri tanpa dapat diganggu oleh siapapun sekalipun oleh rasa yang lain.

Tidak ada keindahan tanpa perubahan, tidak ada perubahan tanpa keinginan, tidak ada keinginan tanpa kemampuan, tidak ada kemampuan tanpa dibangkitkan dan ketika segala keinginan mulai menampakkan diri kamampuanpun terpacu untuk lebih bergairah sehingga akhirnya semuanya menyatu didalam irama hidup yang indah.
Itulah seni…….

Bermula dari keinginan untuk menciptakan sebuah benda yang dapat dijadikan pusat pendekatan jiwa pada kekuatan alam, setiap langkah manusia akan tetap menginginkan kemajuan kedepan dan setiap langkah kehidupan dimulai disitulah seni mulai menjalankan kewajibannya membuat kehidupan menjadi sangat indah dan tidak pernah berakhir.

Akan halnya kehadiran para pemikir yang berulang dan bertambah, membuat seni berkembang pesat menggerakkan roda kesadaran akan kata keindahan bertambah kuat semakin kuat dan semakin kuat, sampai berakhir pada sebuah kata BUDAYA, peradaban manusiapun dimulai.
Selangkah demi selangkah Budaya mulai menapakkan kakinya dalam kehidupan yang akan berupaya terus menguasai seluruh kehidupan alam semesta dan manusia menjadi pemain utama dalam drama budaya ini sehingga akhirnya timbul perbedaan sudut pandang yang disusul oleh aneka ragam kehidupan membuat peradaban menjadi semakin kaya dan semakin indah, sejalan dengan perkembangannya SENI pun bertambah beragam pengertiannya. Seperti ketika sebuah kehidupan dimulai, maka sekarang berbagai kehidupanpun dimulai seolah bayi baru lahir kemudian dewasa dan mempunyai keturunan lagi.
Demikianlah sejarah perkembangan seni didalam kehidupan alam semesta ini dan sampai kapanpun pengertian seni akan terus bertambah dan beragam, namun akan tetap dalam satu alur kuat yaitu INDAH.

* * *

Kategori Seni

Secara garis besar penggolongan dari jenis SENI dapat disebutkan sebagai berikut :

  • Seni Murni yaitu sebuah rasa yang muncul begitu saja pada diri seorang manusia ketika dirinya terhanyut oleh sebuah obyek pemikiran. Didalam pengeksplorasian dirinya, seorang manusia akan membuat sebuah karya yang betul betul keluar dari lubuk hatinya yang paling dalam dan tidak dapat ditirukan oleh siapapun karena setiap sentuhan didalam karyanya akan sangat dalam masuk kedalam jiwanya.Ada sebagian orang yang menganggap bahwa seni murni tidak dapat dipelajari ataupun dibuat semacam teori karena benar benar muncul dari lubuk jiwa seseorang dan tidak mungkin dibuat teorinya, dan hal ini sepertinya akan sangat terasa apabila orang lain turut membuat atau menirunya.
  • Seni Kontemporer dimana sebuah olahan karya dapat disebut hanya berumur sesaat yang tidak mungkin dapat diulang dan direkayasa lagi karena seluruhnya hanya berada didalam sebuah jangka waktu tertentu dan tidaklah mungkin suatu waktu akan berulang lagi, kalaupun dia berulang maka hal ini akan penuh dengan pengembangan yang lebih banyak dan mungkin meninggalkan ciri tersendiri yang sangat berbeda dengan asalnya.
  • Seni Terapan dimana ada sekelompok orang yang mempunyai gagasan dan idea untuk mempunyai sebuah gaya baru didalam mengolah karya berdasarkan ilmu yang mereka dapatkan disekolah ataupun dari perjalanan kehidupannya. Dari perjalanan mereka didalam mengolah arti dari suatu benda pakai, mereka menemukan cara yang lebih baik dan juga lebih dapat dilakukan dengan sistimatis cara merealisasikannya, maka dari sinilah mulai munculnya keindahan yang dihitung dan dianalisa untuk menghasilkan sebuah karya yang lebih dinamis dalam arti pemanfaatan dan kegunaannya didalam kehidupan manusia.
  • Seni Abadi merupakan karya Tuhan terbesar dialam jagat raya ini dimana setiap kelompok manusia akan selalu membuat dirinya merasa tetap sebagai manusia dengan segala hal yang dia punya maupun yang dia tidak punya. Juga dialam ini masih banyak terdapat karya karya abadi yang tidak dapat dibuat oleh manusia dengan keahlian sehebat apapun. Didalam keabadiannya, seni ini tidak pernah berubah hanya karena berubahnya jaman dan seni ini akan tetap berada pada tempatnya tanpa tergeser sedikitpun oleh perubahan alam maupun peradaban manusia. Itulah karya Tuhan Yang Maha Besar, ALAM SEMESTA yang selalu bergerak tetapi tetap berada pada tempatnya.

Berdasarkan media atau alat yang digunakan, masih banyak kategori2 lain yang dapat dimasukkan kedalam pengertian seni, misalnya :

  • Seni Peran dimana keindahan dimunculkan oleh karakter obyek pemeran dan keindahan juga didukung oleh peranan dalam karakter tersebut. Didalam kehidupannya manusia sering menjadi obyek peran dari subyek kehidupan itu sendiri dimana kadang kala terjadi semacam kontradiksi yang sangat membuat sebuah kehidupan begitu indah apabila kita rasakan jauh kadalam bathin dan inilah intinya Seni Peran, dan akan lebih indah lagi apabila kejadian ini dikaitkan dengan kekuasaan Tuhan pada manusia itu sendiri. Sehingga pada akhirnya kita dapat melihat betapa

Peran Manusia terhadap kehidupannya
adalah
sebuah karya seni terindah didunia ini

  • Seni Patung merupakan keindahan yang diungkap dalam bentuk tiga dimensi dalam pengertian fisik, tetapi tetap membuat sebuah khayalan tentang keindahan sebuah obyek menjadi kenyataan yang dapat ditangkap oleh rasa terdalam pada siapapun yang merasakannya. Didalam kehidupan manusia, obyek patung merupakan lambang keberadaan seseorang didalam peranannya dalam kehidupan alam semesta ini sehingga apabila hal ini diungkap dengan rasa keindahan yang dalam, hal ini akan menjadi sebuah karya patung yang sangat indah dan sangat membuat seseorang merasakan getaran yang ada didalamnya dan terasa jiwa dari pembuatnya yang merupakan olahan getaran jiwanya terhadap sebuah benda mati untuk menjadi sebuah benda hidup dalam arti yang sangat dalam.
  • Seni Gerak dimana setiap gerakan kehidupan dapat diungkapkan dengan suatu gerak yang indah dan membuat seolah olah setiap gerak kehidupan manusia adalah indah dan dengan segala kamampuan mengolah arti dari sebuah gerakan maka seluruh kehidupan akan menjadi sebuah keindahan. Akan halnya gerak roda dunia yang begitu menakjubkan setiap manusia yang memikirkannya, akan menjadi obyek seni gerak yang sangat indah dan kaya dalam pengekspresiannya dan itulah karunia dari Tuhan Semesta Alam yang telah diberikan kepada manusia yang dapat merasakannya.
  • Seni Olah Suara yang sering disebut dengan istilah Seni Vokal. Seperti halnya kehidupan dari setiap mahluk dialam semesta ini, nafas yang dikeluarkan oleh setiap detik kehidupan membuat kehidupan mempunyai arti penting. Akan halnya olah suara merupakan pengolahan ekspresi dari nafas kehidupan ini sehingga dapat dirasakan oleh alat penangkap getaran suara dari setiap insan dan mahluk didunia ini. Setiap mahluk akan dapat menangkap getaran olah suara ini berdasarkan dari alat penangkap yang dipunyainya sehingga akan terasa berbeda dalam mengartikan maupun merasakannya, dimana hal ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dari alat tersebut karena kecerdasan adalah sebuah perangkat penerima yang dapat mengolah getar alam menjadi suatu bunyi yang indah dan ketika sebuah getaran masuk pada jiwa seseorang maka alat ini akan mengolahnya menjadikan suatu bentuk gelombang suara yang akan terasa berbeda bagi setiap orang, sehingga dari sinilah muncul berbagai jenis gelombang yang kemudian kita kenal dengan Seni Suara yang akan membawa kita pada suatu keadaan dimana rasa keindahan akan menguasainya.
  • Seni Kehidupan adalah sebuah karya seni yang sifatnya universal dan menyentuh setiap detik kehidupan manusia. Akan halnya keindahan dari seni kehidupan sangatlah tergantung dari daya pikir manusia itu sendiri karena hal ini tidak akan sama dirasakan oleh setiap manusia. Seorang manusia yang mempunyai daya pikir rendah selalu menilai bahwa kehidupan adalah sesuatu yang sangat membosankan dan sangat membuat dia tidak nyaman sehingga dia sama sekali tidak dapat menikmatinya, akan tetapi sebenarnya dia sangat merasakan sebuah getaran kehidupan yang membuat dia masih terus merasakan keinginan untuk tetap pada keadaan itu dan mungkin inilah yang membuat dia tidak menyadari bahwa kehidupan adalah sebuah getaran yang membuat kita merasakan sebuah keindahan yang hanya dapat dirasakan ketika kita mampu merasakannya dengan menggunakan daya pikir yang lebih tinggi dan mampu mengolah segala hal yang terjadi menjadi sebuah karya seni yang indah. Sehingga apapun yang dia lakukan akan selalu memberikan gambaran nyata dari sebuah kehidupan yang harus selalu diolah dengan ketinggian daya pikir dibantu dengan kedalaman rasa yang akan membuat kehidupannya menjadi karya yang indah.

Masih banyak lagi hal lain yang dapat dirasakan keindahannya namun untuk menguraikannya memerlukan kedalaman berfikir yang sudah tidak dapat dijangkau oleh pola pikir manusia biasa dan untuk menyatakannya perlu pemahaman yang sangat dalam menjangkau seluruh pola kehidupan yang bernuansa kebathinan dan akan sangat terasa keindahannya ketika hal ini dipadu dengan sebuah keyakinan pada keberadaan sebuah kekuatan yang Maha Perkasa, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

* * *

Seni Murni

Meliputi keindahan luar dan dalam bagi orang yang merasakannya.
Seni murni sangat sulit dipahami oleh orang yang tidak mengikut sertakan jiwanya didalam melihat ataupun memandang karya ini.

Ketika sebuah lukisan dipertontonkan pada sebuah pameran banyak orang berdecak kagum karena melihat batapa indahnya lukisan itu. Tetapi mungkin hanya sedikit yang merasakan rasa haru didalam bathinnya dimana sesuatu telah menyentuh dasar alam jiwanya dan membuat getaran yang begitu kuat sehingga membuat dirinya bukan hanya sekedar mengaguni keindahan lukisannya tetapi dia telah lebih merasakan getaran keindahan dari jiwanya dan rasa haru yang dalam adalah sebuah bentuk expresi yang begitu dalam dari jiwanya.

Sebagian orang telah membuat beberapa pernyataan bahwa Seni Murni adalah hak mutlak seseorang untuk mengolah apa yang muncul secara naluriah dialam jiwanya dan mengekspresikannya sesuai dengan kehendaknya. Bahkan tidak ada sebuah kekuatanpun yang mampu menghalangi disaat orang ini akan berbuat sesuatu didalam proses perealisasiannya. Tetapi sebagian orang lagi beranggapan seni murni harus diolah dengan kedalaman berpikir yang dapat diolah dengan beberapa keahlian khusus yang dapat diajarkan pada seseorang agar dia dapat mengekspresikannya dengan lebih baik dan lebih dapat diterima oleh orang yang tidak mengerti makna yang terkandung didalamnya.

Sebagian lagi berpendapat bahwa sebuah karya seni murni harus dijadikan ciri dari kepribadian sipembuatnya bahkan kalau bisa dijadikan semacam pola dasar dari setiap karya yang akan dihasilkan kemudian. Pendapat ini banyak yang menentang karena lebih banyak yang beranggapan bahwa seni murni adalah lebih kepada kemurnian ekspresi dari bagian terdalam jiwa manusia sehingga tidak mungkin diberikan batasan batasan yang harus selalu diikuti disaat dia akan mengekspresikan keinginan imajinatifnya.
Kekuatan dari sebuah karya seni murni adalah olahan rasa yang disertai dengan kekuatan bathin yang begitu kuat didalam pembentukan nilai nilai keindahan pada sebuah karyanya sehingga secara perlahan akan merasuk kedalam jiwa orang lain yang melihat ataupun memperhatikannya dan inilah yang disebut SENI MURNI.

Ketika seseorang berkata bahwa dirinya adalah seniman yang ahli didalam pengolahan rasa yang akan diekspresikan pada sebuah karya seni murni, maka hal pertama yang harus dia periksa adalah HATI nya, karena dari sinilah akar dari SENI MURNI, bukan dari tarikan tangannya saja. Mungkin dia sangat mampu menggoreskan sesuatu pada sebuah bidang lukis, tetapi apabila disana tidak terdapat kedalaman rasa yang muncul dari dalam hatinya maka apapun yang dia hasilkan akan terasa kosong, tidak ada getaran2 halus yang menyelusup kedalam orang yang melihatnya.

Jadi sebenarnya setiap orang akan sangat mampu membuat sebuah karya seni murni tanpa harus mengikuti program pendidikan formal dan setiap orang dapat dengan bebas membuat sebuah karya seni murni selama dia menginginkannya, tetapi kedalaman rasa dan kedalaman jiwa dari karyanya belum tentu dapat membuat karyanya menjadi sebuah benda yang mampu menghidupkan makna yang terkandung didalamnya, dan ini artinya seseorang yang telah mampu membuat karya seni murni baru dapat dikatakan berhasil apabila karya yang dihasilkannya menjadi hidup dan dapat dirasakan getaran kehidupannya oleh orang lain.

* * *

Seni Kontemporer

Seni kontemporer sebenarnya bukan hal yang patut dipertanyakan lebih jauh dan tidak harus dijadikan patokan bagi perkembangan jaman karena seni kontemporer sangat bervariasi dalam bentuk dan langgamnya dimana seorang manusia pada saat tidak terduga dapat saja menghasilkan sebuah karya seni yang begitu baik dan dapat mengikat perhatian banyak orang dan setiap orang yang melihat akan mengucapkan hal yang sama “ betapa indahnya “ karya ini. Tetapi akan lebih mudah lagi apabila karya yang termasuk kedalam seni kontemporer ini diperdalam lagi makna dan artinya kepada kedalaman rasa dimana selain indah dilihat juga indah untuk dirasakan.

Ada kemungkinan seni kontemporer berakibat pada kemajuan dunia seni itu sendiri karena bukan mustahil karya seni kontemporer memberikan inspirasi imajinatif kepada setiap orang yang merasakannya dan bukan mustahil pula apabila salah satu dari orang orang ini terpancing alam pikirannya untuk membuat sebuah karya yang akan berlangsung lama kehidupannya dan membuahkan sebuh fenomena kontemporer yang tidak hanya berumur pendek.

Didalam kenyataan, sebuah karya seni kontemporer memang seringkali dijadikan landasan berpikir bagi orang yang mempunyai kepekaan terhadap nilai2 seni yang tinggi sehingga seringkali sebuah karya seni ini membuat dia terdorong untuk menciptakan sebuah karya imajinatif yang sangat berpeluang untuk dijadikan Karya Besar sepanjang masa.

Akan halnya kemajuan dalam pengekspresian seni kontemporer ini sering terjadi penggambaran yang salah dimana setiap hal yang datang secara tiba tiba disaat apapun dapat disebut seni kontemporer dan kapanpun, siapapun sepertinya dapat saja terjadi bentuk bentuk baru yang sering disebut New Contemporer padahal kadang bahkan sering kali apa yang terjadi sangat jauh dari keindahan yang membuat jiwa tergetar.

Jadi apabila kita menyimak dengan baik arti kata Kontemporer yang dikaitkan dengan kata seni, kita akan melihat bahwa apapun yang dihasilkan dalam mengekspresikan idea ataupun imajinasi yang sifatnya tidak langgeng tidak cukup hanya membuat sesuatu yang baik atau menarik, tanpa penjiwaan yang mendalam, semuanya akan terasa kosong dan tidak mempunyai kesan khusus. Seperti sebuah botol yang tidak terpakai, akan menjadi sesuatu yang indah apabila disentuh oleh tangan yang berperan sebagai jangkauan sebuah imajinasi yang keluar dengan penuh rasa dari dalam hati.

Sebuah karya kontemporer memang sering dikaitkan dengan hal hal yang sifatnya tidak serius bahkan sering terkesan main main. Namun kalau kita bergerak dari kata seni yang mengandung unsur keindahan maka tidak semua karya kontemporer dapat disebut karya seni kontemporer dan jangan sekali kali menyamakan kata kontemporer tanpa kata seni dengan kata seni kontemporer karena diantara keduanya ada perbedaan yang mendasar jika kita menilainya dari keindahan yang membuat jiwa tergetar.

* * *

Seni Terapan

Kembali pada cerita sebuah keindahan yang keluar dari lubuk hati manusia, ada sebuah kejadian yang sangat membuat kita berpikir kembali, bagaimana jika sebuah kata seni bergabung dengan kata teknologi, apakah akan tetap mempunyai arti keindahan atau malah sebaliknya?

Memang ada kalanya manusia merasa dirinya seperti tidak ingin dikuasai oleh sesuatu yang sifatnya bukan alami tetapi tanpa kita sadari seseorang akan selalu membuka dirinya untuk diracuni oleh barang yang sangat tidak alami malahan kadang kala mereka menjadi lebih berkeinginan untuk menjadi bagian dari barang non alami ini.

Lalu apa kira kira yang akan terjadi apabila ternyata manusia tidak menyadari bahwa dirinya sedang terbawa oleh sebuh gejala alam yang tidak alami?
Sebagian orang merasa bahwa dirinya akan tetap berada dijalur yang benar benar bersifat alami dan tidak akan terbawa oleh arus yang non alami, sebagian lagi merasa dirinya siap siap saja andaikata dia terpaksa harus mengikuti arus non alami itu tetapi sebagian besar manusia malahan cenderung dengan kesadaran penuh melibatkan langsung kedalam gelombang arus yang membawa dirinya kealam non alami ini.

Nah apabila telah terjadi kelompok yang mempunyai keinginan yang tidak sama terhadap keadaan yang akan membawa mereka kearah yang tidak jelas batas alami dan non alami, apa yang akan terajdi kemudian, akankah manusia kembali kejaman purba dimana alam telah benar benar menjadi bagian dan penentu kehidupan mereka, atau kembali kejaman batu dimana mereka juga mulai mengenal kehidupan yang menjadi biang keladinya sebuah peradaban yang mengarah pada kehidupan non alami, atau malahan mereka tidak akan menoleh sama sekali pada kehidupan alami yang pernah nenek moyang kita jalani?
Ada sebuah kisah nyata yang menggambarkan betapa kehidupan yang sifatnya alami sangat membuat manusia tidak bahagia dalam arti mereka tidak pernah merasakan bagaimana kebutuhan hidup berkembang dengan baik selain mengandalkan kekayaan alam yang mereka rasakan semakin sulit untuk didapat dan bagi kelompok ini sepertinya dunia terasa sangat sempit. Akan halnya manusia yang mulai membuka diri kepada dunia diluar yang sepertinya bersifat non alami, mereka menemukan begitu luasnya dunia dan begitu banyaknya kesempatan mereka untuk mengembangkan kebutuhan kehidupan mereka dan mereka juga merasa bahwa begitu banyaknya kemudahan yang mereka peroleh dikala sesuatu bahan alam mulai tidak mudah lagi mereka dapatkan.

Dari sekelumit cerita diatas sebenarnya bukan berarti alam menjadi tidak ramah dan membuat manusia tidak merasa bahagia karena sebenarnya apapun yang manusia lihat didunia ini semuanya bersumber dari alam itu sendiri. Sangarlah tidak mungkin manusia dapat hidup tanpa dukungan alam lingkungannya.
Lalu apa sebenarnya yang terjadi apabila manusia akan tetap membutuhkan alam sementara kemajuan berpikir sudah menginjak pada kehidupan yang sepertinya tidak alami?
Apa yang terjadi adalah manusia akan tetap memanfaatkan alam bagi kehidupannya dan dengan kemajuan jaman yang dipelopori oleh para genius, akhirnya mereka menemukan bahwa segala hal yang ada dialam adalah unsur biologis yang dapat diuraikan secara mathematis dan membuat setiap bentuk apapun yang ada dapat diikuti oleh bentuk bentuk terapan yang memadukan unsur seni dan perhitungan sehingga akhirnya manusia tetap menggunakan alam sebagai faktor utama didalam kehidupannya.
Inilah inti dari karya seni terapan dimana manusia memadukan seni dengan perhitungan dan ternyata memang dapat menghasilkan karya karya yang luar biasa dan mempunyai daya guna yang tingga bagi kehidupannya.

Lalu kapan sebenarnya dimulainya pemikiran untuk memadukan kedua unsur ini?
Kita kembali pada jaman dimana manusia memulai kehidupan dengan sebuah penemuan yang menjelaskan keterkaitan sebuah bidang lurus dengan bidang miring dimana dikenal dengan rumus Phytagoras. Sejak penemuan rumus itu, dimulailah penelitian demi penelitian keterkaitan berbagai macam unsur alam dengan rumusan matematis dimana pada ujung penelitian ditemukan berbagai jenis bentuk bentuk indah yang dapat diuraikan dengan perhitungan rumit. Akhirnya dikenal dengan kata Seni Terapan yang mengacu pada rumus rumus mathematik dengan berbagai bentuk alam yang indah.
Akan halnya penemuan yang lebih modern menggubah segala bentuk bebas menjadi bentuk bentuk geometris dan menjadikannya sebagai patokan untuk bentuk lain yang lebih dinamis namun tetap mengikuti rumus2 yang membuatnya mudah untuk dilaksanakan bahkan dijadikan benda benda monumental yang sangat indah.

Akhir dari uraian diatas adalah sebuah kesimpulan yaitu tidak ada satupun kehidupan dialam jagat raya yang tidak dapat dijadikan bahan untuk diteliti dan dianalisa yang kemudian dibentuk mengikuti kebutuhan manusia didalam memenuhi keinginan keinginannya untuk berkembang.
Dengan kata lain setinggi tingginya ilmu terapan pada akhirnya akan kembali pada unsur seni karena hal ini merupakan dasar kehidupan manusia.

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: