PARANORMAL

10 08 2009

I.  PENGERTIAN

 Ketika seorang manusia merasa bahwa dirinya mempunyai keanehan yang tidak bisa dicerna oleh akal sehat (istilahnya), maka orang lain akan mengatakan bahwa dia adalah paranormal yang artinya tidak normal. Namun didalam pengertian yang sesungguhnya, kata paranormal mengandung arti yang lebih dalam dan jauh lebih dapat dimengerti dan dicerna oleh akal manusia dengan catatan mereka mau menggunakan akal sehatnya untuk menelusuri apa yang namanya paranormal itu.

Bagi sebagian orang tua jaman dulu, kata paranormal belum dikenal, tetapi kemampuan atau keadaan ini sudah ada tetapi hanya sebatas cerita dan kemampuan yang dikonotasikan sebagai DUKUN atau orang yang mempunyai kesaktian.

Dengan berjalannya waktu, orang makin penasaran dengan kata ini, karena bagi orang yang memang senang dengan penelitian, hal hal yang sifatnya tidak dapat diterima oleh akal mereka mempunyai daya tarik sendiri untuk diteliti.

Sepanjang kehidupan manusia, sebenarnya tidak ada orang yang tidak mempunyai kemampuan paranormal ini karena manusia merupakan mahluk dua dimensi dan mampu mengadopsi segala hal yang sifatnya fisik dan non fisik. Tetapi dalam perjalanannya, setiap manusia sering menempuh jalan yang berbeda,

1.   Ada yang menutup seluruh kemampuan non fisik ini dengan mengatakan bahwa hal itu adalah sesuatu yang tidak logis dan tidak masuk akal dan lebih jauh lagi bagi orang yang beragama dan mengikuti faham yang mereka pelajari, hal ini di kategorikan sebagai hal yang musyrik atau dianggap berdosa bagi orang yang mempercayainya

2.   Sebagian lagi, ada yang mengatakan bahwa dirinya tidak pernah merasakan adanya kehadiran badan non fisik dia, sehingga apa yang tidak dapat dia lihat ataupun dirasakan secara fisik maka hal ini sering dikatakan tachyul dan tidak masuk akal dan hanya orang bodohlah yang mempercayainya.

3.   Ada lagi sebagian orang yang dengan sengaja mencari keberadaan badan non fisik ini dan membiarkan dirinya terbawa oleh hal hal yang bersifat mistik dengan segala kelakuan yang sering terlihat lucu atau aneh.

4.   Yang terakhir adalah orang orang yang sangat menyadari bahwa dirinya mempunyai dua kehidupan yang saling bergabung dan menjadi satu kesatuan dalam kehidupan didunia tetapi akan terpisah disaat badan yang tidak terlihat harus meninggalkan badan fisiknya. Bagi mereka segala hal yang sepertinya tidak masuk akal menjadi masuk akal dengan menggunakan seluruh kekuatan rationalnya dia menemukan sebuah kekuatan lain yang sangat irrasional bahkan seperti tidak dapat diterima akal sehat.

 

Kejadian demi kejadian membuat setiap manusia merasakan kehadiran sebuah tenaga yang selalu berada didalam badannya yang membuat dirinya merasa aneh apabila kita merasakannya dengan cukup dalam.

Nah ketika sebuah pertanyaan muncul tentang keberadaan tenaga ini, maka dari sinilah dimulainya sebuah penelusuran bathin yang menggunakan ratio sebagai alat untuk menjangkau hal hal yang mungkin dapat dicerna dengan yang disebut akal sehat itu, tetapi disatu titik ternyata berhenti sementara sesuatu didalam badan seperti menuntut terus untuk diteliti lebih jauh lagi.

Siapakah yang menuntut untuk diteliti lebih jauh ini, dan untuk apa dia menginginkan penelitian ini lalu siapa yang akan dijadikan obyek sebagai bukti adanya kekuatan ini. Berbagai pertanyaan muncul didalam pikiran para peneliti ini yang pada akhirnya mereka menyadari bahwa memang ada kekuatan ini yang sebagian kecil saja bisa dijangkau oleh akal sehat, tetapi sebagian besar ternyata dibutuhkan kedalaman pikir yang menggunakan perasaan terdalam didalam memecahkan rahasia ini.

Apapun teori yang mengatakan bahwa otak fisik adalah segala galanya dalam kehidupan manusia ternyata dapat menjebak pola pikir manusia kearah arogansi yang sangat tinggi dan dapat membuat dirinya menjadi orang yang terlalu percaya pada pendapat dirinya sendiri yang begitu rational.

Akan halnya organ otak manusia itu sendiri sebenarnya bukan merupakan bagian dari kedalaman rasa yang tidak pernah terbayangkan oleh manusia biasa tetapi otak fisik hanya sebuah alat yang dipakai manusia untuk mengatur gerak kehidupannya dan megarahkan sesuatu yang terlihat maupun terdengar menjadi sebuah kegiatan nyata sebagai respon dari perintah keinginan yang muncul dalam pikirannya.

( lanjutannya .. )

Ada semacam arah yang sangat tidak kelihatan dan hampir tidak terekam oleh indra mata kita dimana sebuah getaran kuat yang begitu cepat telah bergerak dalam berbagai arah didalam badan manusia dan pada ujungnya getaran itu membentuk dan melaksanakan berbagai perintah dari otak baik secara terus menerus ataupun secara berkala dan berdasarkan perintah dari salah satu bagian organ otak yang bergetar. Seperti sebuah sinar laser yang begitu canggih bahkan sampai sekarang belum ada manusia sepintar apapun dapat menyamai perintah ini dimana setiap getaran mampu memberikan sinyal dengan kekuatan penuh tanpa mendapat perintah langsung dari sang pemakai.

Dengan getaran yang timbul pada sel otak, kita dapat melakukan sesuatu yang kita inginkan ataupun yang tidak kita inginkan padahal jika kita pikir dan renungkan, hampir mustahil didalam badan kita ini terjadi ribuan aliran listrik yang berbentuk perintah untuk menyelenggarakan sebuah kehidupan fisik kita.

Sebuah fenomena yang menarik akan kita lihat ketika sebuah sel otak kecil bergetar dan membuat sebuah organ tangan bergerak dengan cepat mengikuti aliran getaran dari sel otak kecil tadi, seperti tidak ada istimewanya memang apabila kita melihat sebagai hal yang memang seharusnya begitu. Tetapi begitu kita merenungkannya dan memikirkannya lebih jauh, maka yang muncul dalam pikiran kita adalah, : “Kok bisa begitu yaa”, lalu pertanyaan berikutnya : “ Bagaimana itu bisa terjadi “ disusul lagi dengan pertanyaan : “Kenapa yaa kok bisa seperti itu”  dan pertanyaan terakhir adalah : “Apa penyebab kejadian itu sehingga pada akhirnya kita menggerakkan tangan yang memang setelah kita perhatikan adalah keinginan kita sendiri.”

 

Fenomena sekecil itu sudah dapat memberikan sebuah pendapat yang berbeda dikalangan ilmuwan ataupun para peneliti lain, bagaimana dengan sebuah fenomena yang lebih besar yang menyangkut soal kehidupan nanti. Ribuan pendapat akan muncul ada yang saling dukung dan saling mengisi kekurangan tetapi tidak sedikit yang saling bertentangan, dimana hal inilah yang dapat menjadikan sebuah kejadian yang tidak terjangkau akal fisik kita membuat ribuan orang merasakan keanehan yang sangat luar biasa, membuat ribuan orang merasa tertarik untuk memperhatikan dengan seksama, membuat ribuan orang tertarik untuk meneliti lebih jauh hingga akal pikiran fisiknya dapat menerima, membuat ribuan orang merasa tidak perlu melakukan apapun karena itu sudah kehendak Yang Maha Kuasa, membuat ribuan orang merasa bahwa kejadian kejadian didunia baik yang kecil mapun yang besar semuanya sudah diatur oleh alam dan kita tidak perlu memperhatikannya lagi apalagi sampai harus membuat penelitian yang membuang waktu, tenaga, pikiran dan uang.

Sebagian besar malahan menyebutkan bahwa kejadian2 didunia baik yang kecil maupun yang besar itu akibat dari kelakuan manusia itu sendiri kenapa harus repot repot diteliti lagi.

Ada kalanya orang yang merasa dirinya sudah sangat pintar dan dapat menerangkan apapun yang dia pelajari dengan baik dan sangat presisi atau sedikit melebihi kata akurat, mereka melupakan satu hal dimana ada hal yang belum pernah mereka ketahui ataupun luput dari penelitian mereka yang sebenarnya yaitu kemampuan mereka sendiri.

Belum pernah ada orang yang meneliti kemampuan yang dia punyai dan dari mana kemampuan itu datang. Kebanyakan manusia sangat mengagungkan pemikiran pemikiran yang sifanya logis dan masuk akal karena hanya akal lah yang dapat mengembangkan sesuatu penemuan menjadi penemuan lain yang lebih baik dan lebih sempurna. Hanya otak fisiklah yang dapat menjamin keberadaan manusia dapat menyentuh hal hal yang sangat luar biasa dalam kehidupan didunia ini. Tanpa mereka sadari, tidak pernah terpikirkan kenapa mereka bisa seperti itu, kenapa otak fisik mereka bisa berfikir sedalam itu, kenapa otak fisik mereka bisa menghasilkan karya imaginasi ataupun karya nyata yang hebat dan berguna bagi kehidupan manusia didunia. Tidak ada satu orangpun yang dapat memahami kejadian dimana dari sebuah sel otak yang sangat kecil, tidak terlihat bentuknya secara kasat mata, dapat memicu kegiatan penelitian yang menjadikannya sebuah karya penelitian yang baik dan luar biasa, tidak ada satu orang pun yang dapat mengerti bagaimana sebuah sel otak dapat membawa seseorang berjalan kearah yang dia inginkan, tidak ada seorangpun yang menyadari ketika dirinya sedang dalam keadaan tertidur lelap sebuah sel otak memeriksa keadaan kehidupannya dan memberikan pesan imaginatif kedalam memorinya dalam bentuk nyata seperti mimpi atau kesadaran lain yang kadang kita merasa aneh padahal ketika kita terbangun semuanya tidak ada didepan kita.

Keajaiban alam, keanehan dalam kehidupan selalu merupakan polemik yang berkepanjangan tanpa ada titik akhir titik pertemuannya, seolah kita memang ditakdirkan untuk selalu berpolemik dalam setiap permasalahan hidup.

 

Jika kita memandang sesuatu kejadian alam hanya dari satu sudut pandang, maka kita akan terjebak oleh sebuah kenaifan dalam cara berpikir, dimana sudut pandang kita adalah hal yang paling bisa diterima oleh akal sehat. Sebelum kita menyadari apa yang terjadi disekitar kita, kita selalu menganggap bahwa sesuatu kejadian adalah sudah takdir Tuhan YMK sehingga tertutup kemungkinan kita untuk mengembangkan hal lain yang lebih luas jangkauan pemikirannya. Semuanya terhenti pada “kehendak Illahi”. Tetapi betulkah demikian ?

Bagi seorang yang malas berpikir lebih jauh, sepertinya hal ini akan dia terima begitu saja dan bagi dia satu informasi yang dia terima sudah cukup dijadikan pegangan dalam kehidupan dia, tetapi bagi orang yang sangat menggunakan akal pikiran, maka dia akan melihat kejadian alam itu sesuatu yang menarik dan mempunyai karakter sendiri didalam kehidupan dialam ini, dengan sendirinya dia akan berusaha untuk mencari tahu lebih jauh dan kalau bisa dia akan menelusuri kejadian itu sampai sejelas mungkin sehingga dia dapat memberikan gambaran lengkap tentang kejadian itu secara baik dan terinci sistimatis.

Bagi sebagian orang lagi mungkin berada didalam dua keadaan, dimana ada saat dia tidak ingin tahu lebih jauh, tetapi ada saatnya juga dia ingin tahu lebih banyak tentang sebuah fenomena alam ini.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang menjangkau berbagai macam sisi kehidupan manusia, secara perlahan tabir teka teki ini terkuak, ada yang dapat terlihat jelas, ada yang sedikit tersamar dan ada juga yang mengundang pertanyaan lebih banyak bahkan membuat seorang manusia merasa harus menguaknya lebih lebar lagi.

Sebagian orang yang merasa cukup melihat yang terkuak dan terlihat jelas, merasakan adanya sebuah hal yang tidak ingin dia ketahui lebih jauh lagi, baginya apa yang terlihat jelas itu sudah cukup, tetapi bagi seorang lain yang memang sangat senang memakai otak dan pikirannya untuk mendapatkan hal yang terlihat jelas itu menjadi lebih jelas lagi bagi dia hal yang terlihat jelas itu menjadi sedikit samar samar.

Siapapun orangnya apapun yang dia lihat dan bagaimanapun dia melihatnya, semuanya akan mengarah kepada satu titik yaitu pertemuan sebuah kejadian alam yang luar biasa dan menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia sehingga dengan hanya memandang sedikit ataupun melihatnya lebih jauh akan tetap menuju kepada satu titik utama yaitu Kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’alla yang membuat mereka tetap  merasa kecil dialam semesta ini.

Lalu apa hubungan hal yang terurai diatas dengan istilah paranormal ?

( lanjutan )

Disinilah letak perbedaannya. Paranormal berarti tidak normal dalam konteks kemampuan dalam menerima sesuatu hal hal yang tidak dirasakan oleh orang lain. Apabila kita bicara frekwensi radio atau telepon seluler, walaupun bentuk nyata frekwensinya tidak terlihat tetapi semua orang dapat merasakan kehadiran dan kegunaannya dengan nyata dan akan mempunyai pengertian yang sama, tetapi dalam hal penerimaan frekwensi yang tidak dirasakan oleh orang lain, maka hal ini akan menimbulkan pendapat yang berbeda dan tetap akan menjadi polemik yang sifatnya abadi. Kenapa ? karena sebuah keadaan yang tidak dapat dirasakan dan dilihat oleh setiap orang sangat sulit membuktikan keberadaannya, walaupun secara kasat mata dapat  terlihat akibatnya, tetapi akan tetap membentuk opini opini yang berbeda. Sebagian orang akan mengiyakan, sebagian lagi akan menolak dan sebagian akan plin plan, kadang iya kadang tidak.

Jadi masalah paranormal tidak bisa hanya diselesaikan dengan pengertian sepihak atau beberapa pihak yang mengakui keberadaannya dalam kehidupan manusia didunia ini, tetapi harus lebih kepada penelusuran bathin yang menggunakan otak fisik sebagai alat untuk membuatnya menjadi masuk akal dan menjadikannya seperti sebuah fenomena alam yang memang ada dalam kehidupan manusia dialam semesta ini..

Pada akhirnya, kita memang harus mengawali penelusuran fenomena paranormal ini dengan menelusuri fenomena manusia itu sendiri sebagai titik pusat sebuah kehidupan di alam semesta ini.

( to be continued )


Actions

Information

One response

13 07 2012
Zaenal Arifin

Segala sesuatu yg terjadi pada diri saya apapun bentuknya adalah wajar,seperti halnya saya menyikapi kelebihan yg ada di diri saya ini adalah sesuatu yg berasal dari Tuhan Alloh Subhanahu wata’ala yg Maha Ghaib Dan Kita adalah Ghaib yg di kurung di gumpalan daging ini yg bernama tubuh,Bila ada manusia yg berkata semua itu musyrik justru dia ingkar bila Maha Pencipta adalah Ghaib dan Kita Adalah Roh atau Ghaib yg memiliki tubuh
jadi wajar bila sy dan manusia lain memiliki hal Ghaib Berdasar keterangan sy tdi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: