NOT LAGU ( Tangga Nada )

14 02 2009

Betul enggak yaa.. awal dari NOT LAGU itu seperti yang tertulis dibawah ini…

Pada jaman dulu seorang anak sering melakukan pukulan pukulan yang berirama untuk menarik perhatian orang tuanya. Setelah dia beranjak dewasa ternyata dia menjadi sangat tertarik dengan alat pukul yang menghasilkan bunyi yang dapat berirama seperti yang dia inginkan.
Pada suatu hari dia mencoba untuk menggunakan alat lain yang tidak dipukul tetapi dia mencoba daun dan meniupnya, alangkah kagumnya dia karena ternyata daunpun dapat menimbulkan bunyi. Dia mulai mencoba menggabungkan beberapa daun untuk kemudian dijadikan berbagai bunyi yang berbeda dan alangkah gembiranya hati dia ketika dia mencoba beberapa gabungan dari daun daun itu dan membunyikannya bergantian. Sejak saat itu, dia selalu membunyikan daun daunan itu berirama indah dan selalu menjadi bahan pembicaraan masyarakat dia kampungnya.
Ada seorang pendeta yang sangat menaruh perhatian pada hasil penemuannya dan dia mengajaknya untuk mencoba menyanyikan lagu lagu keagamaan dengan tiupan daun daun itu. Hasilnya sangat luar biasa karena ternyata bunyi gabungan daun daun itu dapat menghasilkan suara yang begitu indah.
Sejak itu setiap ada upacara keagamaan dia selalu diminta untuk membuat alat bunyi yang terbuat dari gabungan beberapa daun yang dia susun secara berurut sehingga setiap gabungan daun dapat menghasilkan bunyi yang berbeda dan apabila disatukan bunyi bunyian itu dapat diatur sekehendak hatinya.

Beberapa tahun kemudian dia mencoba lagi dengan benda lain yang berupa pipa, kemudian dia mencoba lagi meniupnya. Kemudian seperti yang dia lakukan pada daun diapun mencobanya dengan menggunakan berbagai ukuran pipa dari mulai panjang, diameter dan gabungan dari beberapa pipa. Ketika dia gabungkan seluruh alat yang dia gunakan, dia merasakan sebuah getaran kuat yang berada dari dalam dirinya untuk terus meniup seluruh pipa tanpa henti sehingga pada akhirnya dia menemukan irama yang begitu indah dan teratur sesuai dengan panjang pendeknya pipa maupun dimeternya.
Ada keinginan lagi yang muncul dalam dirinya untuk mencoba benda lain, tetapi dia sudah tidak sanggup lagi mencobanya karena pada akhirnya dia meninggal karena usia telah lanjut.

Ada seorang anak yang sangat tertarik pada hasil penemuannya. Anak ini kemudian mencoba lagi menghidupkan berbagai alat percobaan untuk menghasilkan bunyi. Sesaat dia tertegun, dia merasa ada sesuatu yang tertinggal didalam dirinya ketika dia mencoba sebuah garpu dipukulkan pada sebuah pipa besi. Alangkah senangnya dia disaat itu dia menemukan idea untuk membuat beberapa ukuran pipa besi dan kemudian dia memukulnya sesuai dengan irama yang dia inginkan. Di akhir percobaannya dia mencoba untuk membuat angka pada setiap nada yang dihasilkan oleh alat dia itu.

Dan itulah awal dari hadirnya sebuah tangga nada yang kita kenal sekarang dengan nama not, yang kemudian mulailah timbul berbagai eksperimen pembuat alat alat bunyi yang dapat diubah nadanya pada saat dipukul ataupun ditiup.
Sekarang alat bunyi2 an ini sudah begitu banyak macam ragamnya, tetapi patokan nada tetap sama mengacu pada angka hasil penemuan seorang anak jenius pada masanya, duluuu….


Actions

Information

2 responses

4 07 2011
ilfa melia rosa

🙂

4 02 2012
Annisa D.R.

Oh… jadi,gitu yach…
tapi, kalo masalah betul gak nya sih.. aq gak tau yach..
kayaknya betul dech… “kayaknya” he..he..
like this yo…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: