Kawasan & Lingkungan

23 10 2008

Perbedaan Kawasan & Lingkungan

Kawasan

Ketika orang mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah barang yang dapat memberikan kebahagiaan yang sangat besar artinya bagi kehidupannya, maka yang terpikir pertama kali dalam pikirannya adalah tempat tinggal..
Ya tempat tinggal merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia didunia ini.
Ketika sebuah tempat akan dijadikan tempat dimana dia akan tinggal, maka yang ada didalam pikiran manusia saat itu adalah apakah tempat itu cocok untuk dia tinggal atau malahan jauh dari keinginan dia untuk tinggal ditempat yang seharusnya dia tempati.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan didalam memilih sebuah tempat yang sesuai dengan keinginan dan kepantasannya untuk ditempati sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, yaitu apakah tempat itu cukup nyaman dari segi lingkungannya, apakah tempat itu cukup mudah didalam pencapaiannya, apakah tempat itu tidak terlalu kotor apabila akan dijadikan tempat untuk tinggal, masih banyak lagi pertanyaan yang akan muncul yang didasarkan kepada keinginan dan kebutuhan masing2 manusia. SEtiap orang mempunyai hak untuk menentukan persyaratan yang sesuai dengan apa yang dia inginkan.
Ketika hal ini tertangkap oleh sekelompok manusia lain, maka yang akan terjadi adalah masing masing akan menempati area yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan setiap kelompok akan membuat tempat mereka mempunyai ciri atau identitas yang menggambarkan kebersamaan keinginan dan kebutuhannya sehingga akan membentuk sebuah tempat yang luas dengan kondisi dan identitas tertentu dan areal itu kita sebut KAWASAN..
Jadi pengertian KAWASAN adalah sebuah tempat yang mempunyai ciri serta mempunyai kekhususan untuk menampung kegiatan manusia berdasarkan kebutuhannya dan setiap tempat yang mempunyai ciri dan identitas itu akan lebih mudah untuk dicari ataupun ditempati untuk lebih melancarkan segala hal yang berhubungan dengan kegiatannya.
Dalam hal ini setiap kawasan akan memberikan pengertian sendiri terhadap kebutuhan manusia..

Lingkungan

Ada sebuah tempat dimana kondisi udara dan kegiatannya tidak sesuai dengan kenyamanan yang sangat diinginkan, tetapi ada juga sebuah tempat dimana kondisi udara dan kegiatannya sangat mendapatkan kenyamanan yang baik dan optimal.
Keadaan, suasana, kenyamanan, kebersihan ataupun kegiatan yang akan dilakukan ada keterkaitan satu sama lain, dimana setiap faktor alam yang terlibat dalam tempat itu akan memberikan kontribusi yang begitu berarti untuk kelangsungan kehidupan manusia.
Jika kita gambarkan tempat yang indah dan sejuk kepada orang yang tinggal ditempat yang tidak indah dan tidak sejuk, maka mereka akan merasakan bahwa tempat dimana mereka tinggal sudah tidak nyaman lagi dan juga tidak indah, tetapi kalau kita menggambarkan tempat yang buruk dan kotor kepada orang yang mempunyai tempat yang indah dan nyaman, maka mereka akan merasa takut untuk pergi ketempat itu.
Ada faktor alam yang mempengaruhi apakah sebuah tempat itu baik, nyaman ataupun indah apalagi bila dikaitkan dengan kebutuhan kegiatan manusia dalam kehidupannya.
Sekarang ini banyak sekali orang berbicara tentang masalah lingkungan tetapi mungkin sebagian besar tidak mengerti arti dari kata lingkungan itu sendiri.
Setiap orang yang merasa dirinya ahli dalam bidang udara akan bicara lingkungan dari sudut pandang udara. Orang yang menguasai gas, akan bicara lingkungan dalam sudut pandang pergasan, sebaliknya orang yang tidak mengerti satu halpun tentang hal yang berkaitan dengan lingkungan akan bicara lebih jauh dari pengertian yang sebenarnya.
Masing2 akan membedah arti dari kata lingkungan sesuai dengan bagian yang mereka kuasai dan mematok bahwa pendapat itulah yang paling benar…
Akhirnya munculah arti lingkungan ini dengan berbagai macam sudut pandang yang apabila disatukan bisa membuat orang lain bingung karena terkadang tidak saling terkait satu sama lain..
Sebenarnya begini, setiap orang dapat membuat sebuah pengertian tentang lingkungan dengan didasarkan kepada naluri alamyahnya karena setiap orang atau manusia merupakan bagian dari alam, ada bagian yang sudah sangat peka terhadap apa yang ada disekitarnya, yaitu sebuah perasaan yang dapat mengukur keharmonisan hubungan dia dengan alam sekitarnya. Apabila hal ini dibicarakan dengan orang lain, maka akan terlihat sebuah gambaran yang menunjukkan kesamaan dalam hal memberikan pengertian tentang lingkungannya..
Jadi, lingkungan adalah sebuah kondisi dimana manusia akan dapat merasakan adanya hubungan kuat antara dia dengan alam sekitarnya, dan masing masing dapat merasakan bahwa apa yang terjadi didalam badan mereka adalah sebuah keadaan dimana diri dan jiwa mereka menjadi satu dalam kebersamaan yang total, dalam arti, ketika sebuah perasaan nyaman datang dari dalam jiwa maka kenyamanan inipun akan dia rasakan secara fisik.
Akhirnya kita sampai kepada sebuah kesimpulan tentang apa sebenarnya pengertian lingkungan itu sendiri.
Lingkungan berasal dari kata yang memberikan arti sekitar keberadaan diri manusia yang akan saling berinteraksi dengan alam sekitarnya dimana hubungan ini menghasilkan sebuah kerja sama yang mengarah kepada sebuah keadaan tertentu, bisa mengarah kehal yang baik atau mengarah kepada keadaan yang buruk.
Jadi apabila dikaji lebih jauh masalah lingkungan ini, maka barulah terjadi pembagian yang sifatnya lebih khusus tergantung dari sifat hubungan itu sendiri.


Actions

Information

One response

25 04 2011
Iqbal Zulfianto

info diatas sangat berguna untuk saya, boleh saya minta sumbernya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: