Menulis, cara termurah menghilangkan stress

21 10 2008

Dari kecil, kalau tidak salah, kita sudah mulai merasakan berbagai macam masalah yang dapat membuat diri kita seperti tertekan oleh sebuah benda padat yang menghimpit didalam rongga dada.
Semenjak manusia dilahirkan kedunia, dirinya sudah mulai dihadapkan pada masalah hidup, namun manusia sering menganggap bahwa masalah hanya ada apabila kita dewasa dan apabila masalah ini dirasakan terlalu berat maka “stress“ lah akibatnya.

Stress adalah sebuah kata yang sangat sensitive pada diri seseorang, karena setiap orang sebenarnya selalu mengalami stress. Apabila kita mendengar seseorang mengatakan dirinya sedang stress, secara spontan orang lain akan menganggap, dirinya tidak mampu mengendalikan permasalahan sehingga membebani pikirannya.

Jadi sebenarnya apa yang terjadi pada diri manusia, tidak ada yang berlebihan antara yang satu dengan yang lain, yang membedakan pembebanan dalam mengatasi permasalahan adalah cara manusia itu memandang masalah dan cara mereka mengatasinya atau bagaimana cara setiap manusia memanage dirinya dalam menghadapi permasalahannya.

Dengan kata lain, masing masing manusia mempunyai kecenderungan untuk merasakan bentuk stress yang berbeda satu dengan yang lain, karena adanya perbedaan sudut pandang dan perbendaharaan kata yang baik, untuk dia mengendalikan dirinya, sehingga kata Stress dapat menjadikan sesuatu pemicu kemajuan terhadap keadaan kehidupannya atau kemunduran terhadap kwalitas hidupnya.

Ada berbagai macam cara yang baik didalam menanggulangi rasa stress, namun yang terbaik adalah bagaimana orang itu mengambil cara yang paling tepat untuk dirinya sendiri, karena orang lain tidak akan mengetahui keadaan dirinya sebaik diri dia sendiri.

Ketika seseorang mengalami tekanan hidup yang tinggi, dia akan merasa hidupnya sangat menderita, apabila dia tidak merasakan adanya tekanan itu dia merasa dirinya sangat berbahagia.
Nah, apabila kejadiannya seperti itu, kita akan dihadapkan pada sebuah fenomena yang sangat menarik, yaitu seorang manusia akan lebih sering merasa dirinya tidak bahagia, karena begitu banyaknya masalah yang dia hadapi daripada hal hal yang membuatnya dirinya bahagia.
Jadi betulkah sebenarnya tidak ada manusia yang merasakan hidupnya bahagia lebih lama daripada penderitaaannya.

Berbagai methoda telah diteliti dan dikembangkan diberbagai research kemanusiaan, berbagai cara telah mulai ditrapkan pada manusia dan setiap hal yang diuji terapkan, selalu mempunyai kendala karena ternyata tidak ada satupun cara yang dapat dipakai pada setiap orang dengan formula yang sama.
Bagaimana dengan teraphy psikologis yang telah mulai mendapat tempat dimasyarakat? Ada yang merasa bahwa teraphy ini benar benar efektif karena dia merasakan ketenangan sesudah mendapatkannya, tetapi sebagian besar orang merasa bahwa teraphy ini tidak mempunyai pengaruh apa apa terhadap perkembangan dirinya.
Bagaimana dengan therapy kebathinan yang dilandasi oleh norma norma keagamaan? Inipun sama saja bagi sebagian orang dia merasakan suatu kedamaian disaat dirinya merasa dekat dengan Tuhan tetapi sebagian besar merasakan hal yang sama dengan teraphy psikologis.

Lalu sebenarnya bagaimana sih cara yang efektif dan dirasakan manfaatnya ?
Terus terang sampai sekarang belum ditemukan satu methoda pun yang berlaku sama bagi setiap orang yang mengalami stress baik yang ringan maupun yang berat.

Ada sebuah kasus yang menarik, yang mungkin dapat dijadikan sebuah pelajaran ringan bagi manusia didalam memandang dirinya sebagai orang yang selalu dilanda masalah.
Seorang gadis yang merasa dirinya tidak menarik dan juga sangat bodoh dalam hal pelajaran sekolah, selalu merasa dirinya dihina dan direndahkan oleh teman2 nya karena mereka selalu melihat dia dengan rasa kasihan dan sekaligus merasa sebal. Loh kok bisa begitu ?
Kasihan timbul karena mereka melihat anak gadis ini tidak dapat bergaul dengan teman2 nya dan cenderung menyendiri sehingga sering terjadi kesendirian yang begitu membuat kasihan setiap orang yang melihatnya. Dilain waktu teman2 nya sering juga merasa kesal dan sedikit sebal karena apabila mereka memperlihatkan perhatian dan simpatinya, gadis ini memperlihatkan reaksi yang membuat mereka merasa kesal bahkan kadang kadang sangat sebal. Akhirnya gadis ini merasa hidupnya tertekan dan tidak tahu harus berbuat apa lagi untuk membantu dirinya dapat bersikap seperti teman2nya yang menurut dia mereka jauh lebih berbahagia dari dia yang selalu dihimpit oleh hal hal yang membuat dirinya bertambah lama merasa sangat tertekan dan pada akhirnya dia merasa stress berat.

Jika kita menelaah kasus diatas, maka yang kita temui adalah sikap dan pandangan hidup yang keliru terhadap diri sendiri, dimana dia tidak mau mencoba melihat hal hal yang positip yang ada didalam dirinya. Dia seperti menutup hal yang dapat membuat dirinya bahagia, sehingga didalam hidupnya dia hanya merasa tidak beruntung dan tidak pernah mendapatkan kebahagiaan seperti yang dia inginkan.
Lalu apa yang terjadi kemudian ?
Gadis itu mulai bersikap aneh dan seperti over acting dan sering sekali berbuat hal hal yang tidak selaras dengan kebiasaan teman2nya atau dia bertingkah aneh yang dapat membuat orang berpaling pada dia walaupun dengan pandang heran. Kasihan .

Ada kalanya hal ini menimpa pada diri kita sendiri, tetapi kadang kita tidak menyadarinya karena mungkin kita dapat dengan cepat mengatasi rasa tidak percaya diri ini atau perasaan negatip yang muncul didalam pikiran.

Menulis adalah sebuah cara untuk mengungkapkan sesuatu yang ada didalam pikiran manusia baik itu dalam bentuk kata kata bebas, kata kata bermakna ataupun yang teratur seperti puisi.
Didalam mengungkapkan seluruh masalah atau segala hal yang muncul dalam pikiran, seringkali terjadi dialog interaksi manusia dengan dirinya sendiri yang dapat mengungkap segala hal yang positip maupun yang negatip yang muncul dari dialog tersebut.
Apabila hal ini disadari oleh dirinya sebagai sebuah dialog interaktif yang terjadi antara pikiran positip dan negatip, maka dia akan dapat mengkaji setiap permasalahan yang dia hadapi dan dengan mudah dia akan melihat kendala dan solusi yang dapat membawa dia pada situasi dimana dirinya sekarang bukan orang yang mempunyai masalah berat tetapi seorang manusia yang berbahagia, karena dia dapat menemukan hal hal yang menyebabkan masalah yang sedang dia hadapi sekaligus dia melihat hal hal positip yang dapat dia lakukan, agar masalah yang dia hadapi dapat dia selesaikan dengan baik dan akhir dari keadaan ini adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa.

Benarkah demikian?
Coba kita lihat sebuah kasus lain yang mengungkapkan betapa menulis dapat sangat membantu seseorang keluar dari segala persoalan yang menekan jiwanya.
Sepasang suami istri terlibat dalam sebuah masalah yang sangat sulit mereka atasi dan sepertinya penyelesaiannya pun sangat tidak mungkin ada kalaupun ada akan mengakibatkan tertekannya perasaan salah satu karena adanya pemaksaan kehendak.
Disaat pikiran dan perasaan sudah saling tuding sebagai penyebab kesulitan yang terjadi, mereka merasa bahwa perpisahan adalah yang terbaik daripada harus mengalah.
Seperti sebuah mukzizat, tiba tiba terlintas pada pikiran mereka untuk sama sama menuliskan hal hal yang selama ini menjadikan mereka seperti berebut kekuasaan dalam memutuskan kebersamaan.
Si suami mulai menuliskan keinginan2nya, masalah2 yang ada didalam pemenuhan keinginannya itu, hal hal yang membuat dia senang dan sedih, bagian bagian hidup yang terasa hilang apabila dia berjauhan dengan istri dan keluarganya, bagian 2 yang membuat dia bahagia apabila mereka bersama dan banyak lagi yang dia tulis.
Si istripun demikian melakukan hal yang sama. Ketika mereka kaji secara terpisah dan hasil kajian itu dibicarakan, maka hasilnya luar biasa mereka menemukan solusi yang baik dimana si istri mengikuti suami tanpa ada pemaksaan dari pihak suami. Allhamdulillah.

Dari sekelumit cerita diatas, kita melihat bahwa dengan menulis kita dapat mengungkapkan hal hal yang paling rahasia yang tidak bisa kita ungkap pada orang lain bahkan pada ahli kejiwaanpun.
Dengan menulis kita bisa melihat dengan jelas urutan dan jenis masalah yang kita hadapi, dan hal ini sekaligus memberikan peluang lebih banyak bagi kita untuk menimbang, mengkaji dan mengkategorikan setiap permasalahan pada posisinya sesuai dengan skala prioritas ataupun kadar kepentingan terhadap kehidupannya.
Dengan hasil kajian ini maka akan muncul solusi yang terbaik tanpa seorangpun merasa tertekan perasaannya.

Sebuah kasus lain, seorang manager sebuah hotel, merasa dirinya selalu disalahkan oleh pihak owner dalam berbagai hal yang menjadi penyebab masalah yang timbul dalam pengoperasian hotelnya. Hatinya sangat kesal dan rasanya ingin keluar saja. Lalu disarankan untuk menuliskan hal hal yang disalahkan tadi, kemudian kategorikan berdasarkan siapa pelaku kesalahan tadi, siapa tahu kesalahan memang banyak dari pihak dia sendiri. Ternyata memang, setelah dia lakukan menuliskan hal hal tadi, dia melihat bahwa dirinyalah yang banyak melakukan kesalahan.
Dia merasa malu pada dirinya sendiri, dan dia pun memutuskan untuk mengundurkan diri tetapi bukan karena kesal pada pihak owner, tetapi dengan kesadaran bahwa dia tidak mampu memanage operasional hotel itu lagi.

Menulis adalah hal yang mudah dilakukan karena sudah menjadi bagian hidup kita dari kecil.
Menulis adalah hal yang paling murah karena tidak memerlukan biaya tinggi dalam melakukannya.
Menulis merupakan hal paling efektif dalam mengungkap rasa walaupun tidak untuk disampaikan pada orang lain.
Menulis adalah hal yang dapat memperlihatkan kaitan permasalahan dan penyebabnya sehingga memudahkan untuk dikaji.
Menulis adalah hal yang dapat membuat seseorang merasa dirinya mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan berbagai hal dari mulai pengalaman sampai pada hal2 ilmiah.
Menulis adalah suatu hal yang dapat menyambung hal lama dan baru..
Dan …
Menulis adalah segalanya bagi kehidupan manusia didunia.


Actions

Information

One response

18 11 2008
gandul

gada cara laen apa selain nulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: