Idea & Kreatifitas dalam Proses Perancangan Arsitektur

17 10 2008

Dalam kehidupan manusia, idea dan kreativitas sebenarnya sudah merupakan tarikan nafas yang sangat biasa dan selalu digunakan sehari hari dan yang lebih istimewa algi bahwa idea selalu disertai oleh kegiatan yang sangat kreatif sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang indah, baik dan berguna.

Sebagai suatu gambaran kita dapat melihat sebuah benda yang merupakan hasil dari suatu kreativitas yang diawali dengan munculny idea didalam otak manusia yaitu sebuah gelas yang terbuat dari kaca. Pada awal munculnya kebutuhan akan tempat minum, manusia jaman batu hanya menggunakan sehelai daun yang dibentuk mangkok sehingga mereka dapat menangguk air sebanyak yang mereka butuhkan. Saat pertama kali mereka berfikir membuat mangkok dari daun itulah yang disebut idea untuk kemudian kebutuhan berkembang dengan melalu suatu proses kreativitas manusia pada jaman berikutnya menjadi sebuah gelas yang terbuat dari kaca dan smapai sekarang kita melihat beribu macam bentuk gelas dari bahan yang beraneka macam tetapi fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk membuat orang mudah memasukkan air kedalam mulut dengan porsi yang dapat diukur.

Dari sebuah gambaran diatas tadi kita melihat adanya suatu perbedaan antara idea dan kreativitas dimana idea merupakan awal dari suatu proses pembentukan ataupun perjalanan dari suatu karya sedangkankreativitas merupakan pendukung utama yang menjadikan idea tadi berkembang menjadi bermacam bentuk dan beragam materialnya.

Kita sekarang ini selalu mempermasalahkan bahwa keadaan negara kita selalu dalam keadaan kesulitan dan kita semua harus prihatin menghadapinya dan hal itu sepertinya sudah membuat kita terlalu merasa takut untuk berbuat sesuatu yang kelihatannya akan menambah rumit masalah kehidupan dan halini juga yangmembuat orang enggan untuk berfikir kreatif apalagi mengeluarkan idea karena dialam benak setiap orang akan dipenuhi oleh problem kehidupan yang semakin sulit untuk diatasi.
Bagi orang yang kreatifitasnya tingga, keadaan yang serba sulit ini akan membuat mereka selalu berfikir untuk membuat suatu pengembangan dari yang sudah ada ataupun timbulkeinginan untuk membuat sesuatu yang dapat membuat mereka bisa mengatasi kesulitan sehingga banyak usaha usah baru muncul yang pada awalnya tidak pernah terfikir oleh mereka. Hal ini menandakan betapa dekat sebuah idea bisa diraih seseorang kalau mereka orang yang kreatif.

Dari gambaran baru diatas, kita melihat lagi suatu fenomena idea yang diawali dari kreativitas dalam keinginan untuk mengatasi suatu keadaan dimana terlihat bahwa idea muncul karena kreativitas.

Dengan melihat kedua fenomena itu, kita dapat melihat adanya suatu keterkaitan yang sangat kuat antara idea dan kretivitas dimana keduanya akan saling membuat sesutau yang menjadi masalah dapat menciptakan suatu karya benda atupun karya pikir yang sangat bermafaat didalam kehidupan manusia.

Untuk melihat lebih jauh apa dan bagaimana suatu idea muncul dan apa dan bagaimana suatu kreativitas dapat membuat suatu idea berkembang kearah yang sangat positif, kita harus terlebih dahulu melihat kedua hal tadi secara terpisah dan bagaiman keduanya dapat disatukan dan dapat dipisahkan.

Idea, didalam kesehariannya idea memang tidak bisa diterangkan secara jelas apa dan bagaimana dia muncul, bekerja dan berhasil, tetapi mungkin secara sederhana kita dapat mendefinisikan sebagai suatu hal yang muncul secara spontan didalam pikiran ketika menghadapi suatu kebutuhan ataupun tantangan dimana idea ini akan mempunyai kemandirian artinya dia tidak terpengaruh oleh sesuatu yang sudah ada tetapi sering kali merupakan suatu penemuan yang benar benar baru.

(….. tunggu lanjutannya yaa….)


Actions

Information

4 responses

23 10 2008
vivioke

wah isi artikelnya menarik, saya tunggu artikel2nya..

salam sukses

23 10 2008
mirabiela

terima kasih sudah mau baca blog saya…
salam hangat…

14 02 2010
ahda mulyati

apa lanjutannya sdh ada …….. ? biar tau secara keseluruhan.

18 05 2010
Angel

Thx ya!
Kak atas infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: