Seni Kontemporer

12 10 2008

Seni kontemporer sebenarnya bukan hal yang patut dipertanyakan lebih jauh dan tidak harus dijadikan patokan bagi perkembangan jaman karena seni kontemporer sangat bervariasi dalam bentuk dan langgamnya dimana seorang manusia pada saat tidak terduga dapat saja menghasilkan sebuah karya seni yang begitu baik dan dapat mengikat perhatian banyak orang dan setiap orang yang melihat akan mengucapkan hal yang sama “ betapa indahnya “ karya ini. Tetapi akan lebih mudah lagi apabila karya yang termasuk kedalam seni kontemporer ini diperdalam lagi makna dan artinya kepada kedalaman rasa dimana selain indah dilihat juga indah untuk dirasakan. Ada kemungkinan seni kontemporer berakibat pada kemajuan dunia seni itu sendiri karena bukan mustahil karya seni kontemporer memberikan inspirasi imajinatif kepada setiap orang yang merasakannya dan bukan mustahil pula apabila salah satu dari orang orang ini terpancing alam pikirannya untuk membuat sebuah karya yang akan berlangsung lama kehidupannya dan membuahkan sebuh fenomena kontemporer yang tidak hanya berumur pendek. Didalam kenyataan, sebuah karya seni kontemporer memang seringkali dijadikan landasan berpikir bagi orang yang mempunyai kepekaan terhadap nilai2 seni yang tinggi sehingga seringkali sebuah karya seni ini membuat dia terdorong untuk menciptakan sebuah karya imajinatif yang sangat berpeluang untuk dijadikan Karya Besar sepanjang masa.
Akan halnya kemajuan dalam pengekspresian seni kontemporer ini sering terjadi penggambaran yang salah dimana setiap hal yang datang secara tiba tiba disaat apapun dapat disebut seni kontemporer dan kapanpun, siapapun sepertinya dapat saja terjadi bentuk bentuk baru yang sering disebut New Contemporer padahal kadang bahkan sering kali apa yang terjadi sangat jauh dari keindahan yang membuat jiwa tergetar.
Jadi apabila kita menyimak dengan baik arti kata Kontemporer yang dikaitkan dengan kata seni, kita akan melihat bahwa apapun yang dihasilkan dalam mengekspresikan idea ataupun imajinasi yang sifatnya tidak langgeng tidak cukup hanya membuat sesuatu yang baik atau menarik, tanpa penjiwaan yang mendalam, semuanya akan terasa kosong dan tidak mempunyai kesan khusus. Seperti sebuah botol yang tidak terpakai, akan menjadi sesuatu yang indah apabila disentuh oleh tangan yang berperan sebagai jangkauan sebuah imajinasi yang keluar dengan penuh rasa dari dalam hati.
Sebuah karya kontemporer memang sering dikaitkan dengan hal hal yang sifatnya tidak serius bahkan sering terkesan main main. Namun kalau kita bergerak dari kata seni yang mengandung unsur keindahan maka tidak semua karya kontemporer dapat disebut karya seni kontemporer dan jangan sekali kali menyamakan kata kontemporer tanpa kata seni dengan kata seni kontemporer karena diantara keduanya ada perbedaan yang mendasar jika kita menilainya dari keindahan yang membuat jiwa tergetar.


Actions

Information

One response

4 05 2009
berbudaya

aku membayangkan sedang berada dalam semua lapngan dengan banyak karya instalasi dan kita bisa berdiskusi bebas tentang seni….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: