Pahala

12 10 2008

Sebuah pahala adalah sebuah hadiah yang diberikan oleh Kekuasaan Tuhan YME dimana pahala selalu berupa kebahagiaan abadi yang tertanam didalam hati sanubari.
Sebagian umat Islam selalu mencari pahala untuk sebuah kedamaian didalam hati tetapi banyak juga yang menganggap pahala akan diterima diakherat nanti dalam bentuk benda yang mereka tidak dapatkan didunia sekarang ini.
Lain halnya dengan kejadian dimasa lalu dimana mereka menganggap pahala berupa perlindungan dari Tuhan YME ketika mereka berjuang mengembangkan ajaran Allah melalu para Nabi dan Rosulnya sehingga mereka akan selalu berusaha berbuat sebaik mungkin dijalan Allah agar setiap langkah mereka selalu mendapat pahala yang besar sehingga keselamatan lahir bathin akan mereka dapatkan dalam menjalankan perjuangan mereka.
Jadi apa sebenarnya arti dari sebuah kata “ PAHALA “ itu ?
Tidaklah mudah bagi seseorang untuk mengerti akan arti dari kata PAHALA karena setiap orang akan mengalami hal yang berbeda didalam merasakan datangnya sebuah pahala, misalnya seseorang akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa yang muncul dihatinya disaat dia dapat menolong orang yang kesusahan dan mereka begitu bahagia menerima bantuannya itu atau disaat lain ada juga orang yang merasa bahwa dirinya telah menerima pahala yang luar biasa dari Tuhan YME dimana saat itu dia merasakan ketenangan bathin yang luar biasa disaat dirinya dicoba oleh sebuah kejadian yang sangat menyakitkan ataupun sangat membuat hatinya terluka karena kesedihan yang luar biasa dalamnya.
Banyak juga orang yang berpendapat bahwa pahala adalah bentuk rejeki dari Allah yang akan mereka dapatkan didunia ataupun diakherat nanti sehingga mereka selalu menghitung jumlah yang berlipat dari sebuah pahala misalnya dengan membaca sebuah surat yang mereka yakini akan memberikan hasil berupa pahala seribu kali lipat apabila dibaca dimalam hari sehabis sholat tahajud atau mereka akan mendapat pahala melebihi kekayaan mereka didunia ini.
Ketika sebuah kebahagiaan muncul didalam hati maka ada semacam getaran halus yang muncul dalam ketidak sadaran dari mana asal getaran itu muncul. Ada semacam rasa kuat yang begitu indah jauh didalam bathin kita ketika kita merasakan kebahagiaan ini. Apakah hal ini dapat dikategorikan sebuah pahala ?
Wallahu alam, sebenarnya tidak ada seorang pun yang dapat mencerna dan mendalami arti dari sebuah pahala dan tidak ada satu teoripun yang dapat menjangkau arti dari sebuah pahala hanya hati yang dapat merasakannya.
Jadi jangan sekali kali kita mengharapkan mendapat pahala yang beribu ribu kali lebih banyak dari do’a yang sangat biasa kita ucapkan apabila dihati kita hanya berharap sesuatu yang tidak kita rasakan dalam bathin kita sendiri dan jangan sekali kali kita mengharap mendapat pahala dengan memikirkan jumlah angka yang menggiurkan apabila hati kita sendiri sebenarnya tidak dapat merasakan kehadiran sebuah pahala yang hanya dapat dihitung dengan jari, dan jangan pula kita terlalu berpikir bahwa dosa kita akan diampuni oleh datangnya pahala ini apabila kita sendiri tidak pernah berpikir untuk menghilangkan dosa dengan perbuatan yang nyata.
Singkatnya sebuah pahala bukan untuk diiming iming pada orang yang dianjurkan berbuat sesuatu atau melakukan ibadah yang menurut si pemberi nasehat akan mendapat pahala beribu ribu bahkan tak terhitung jumlahnya jika tidak diiringi oleh perbuatan yang membuat hatinya damai dan kesadaran akan kehidupannya menjadi lebih baik karena percuma.
Semua orang yang selalu berpikir angka untuk sebuah nilai pahala maka mereka akan terjebak pada keadaan dimana semua yang dia lakukan selalu berharap imbalan yang bentuknya tidak jelas dan seringkali mereka terjebak pada nilai jumlahnya tanpa dapat merasakan nilai spirituilnya dan kebahagiaan yang ada didalamnya.
Jadi berpikirlah tanpa memikirkan kata PAHALA untuk setiap perbuatan yang dapat membuat kita merasakan kehadiran Tuhan didalam hati walaupun kata orang pahalanya hanya berjumlah “ satu “.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: