Kategori Seni

12 10 2008

Secara garis besar penggolongan dari jenis SENI dapat disebutkan sebagai berikut :
1. Seni Murni yaitu sebuah rasa yang muncul begitu saja pada diri seorang manusia ketika dirinya terhanyut oleh sebuah obyek pemikiran. Didalam pengeksplorasian dirinya, seorang manusia akan membuat sebuah karya yang betul betul keluar dari lubuk hatinya yang paling dalam dan tidak dapat ditirukan oleh siapapun karena setiap sentuhan didalam karyanya akan sangat dalam masuk kedalam jiwanya.
Ada sebagian orang yang menganggap bahwa seni murni tidak dapat dipelajari ataupun dibuat semacam teori karena benar benar muncul dari lubuk jiwa seseorang dan tidak mungkin dibuat teorinya, dan hal ini sepertinya akan sangat terasa apabila orang lain turut membuat atau menirunya.
2. Seni Kontemporer dimana sebuah olahan karya dapat disebut hanya berumur sesaat yang tidak mungkin dapat diulang dan direkayasa lagi karena seluruhnya hanya berada didalam sebuah jangka waktu tertentu dan tidaklah mungkin suatu waktu akan berulang lagi, kalaupun dia berulang maka hal ini akan penuh dengan pengembangan yang lebih banyak dan mungkin meninggalkan ciri tersendiri yang sangat berbeda dengan asalnya.
3. Seni Terapan dimana ada sekelompok orang yang mempunyai gagasan dan idea untuk mempunyai sebuah gaya baru didalam mengolah karya berdasarkan ilmu yang mereka dapatkan disekolah ataupun dari perjalanan kehidupannya. Dari perjalanan mereka didalam mengolah arti dari suatu benda pakai, mereka menemukan cara yang lebih baik dan juga lebih dapat dilakukan dengan sistimatis cara merealisasikannya, maka dari sinilah mulai munculnya keindahan yang dihitung dan dianalisa untuk menghasilkan sebuah karya yang lebih dinamis dalam arti pemanfaatan dan kegunaannya didalam kehidupan manusia.
4. Seni Abadi merupakan karya Tuhan terbesar dialam jagat raya ini dimana setiap kelompok manusia akan selalu membuat dirinya merasa tetap sebagai manusia dengan segala hal yang dia punya maupun yang dia tidak punya. Juga dialam ini masih banyak terdapat karya karya abadi yang tidak dapat dibuat oleh manusia dengan keahlian sehebat apapun. Didalam keabadiannya, seni ini tidak pernah berubah hanya karena berubahnya jaman dan seni ini akan tetap berada pada tempatnya tanpa tergeser sedikitpun oleh perubahan alam maupun peradaban manusia. Itulah karya Tuhan Yang Maha Besar, ALAM SEMESTA yang selalu bergerak tetapi tetap berada pada tempatnya.

Berdasarkan media atau alat yang digunakan, masih banyak kategori2 lain yang dapat dimasukkan kedalam pengertian seni, misalnya :

-. Seni Peran dimana keindahan dimunculkan oleh karakter obyek pemeran dan keindahan juga didukung oleh peranan dalam karakter tersebut. Didalam kehidupannya manusia sering menjadi obyek peran dari subyek kehidupan itu sendiri dimana kadang kala terjadi semacam kontradiksi yang sangat membuat sebuah kehidupan begitu indah apabila kita rasakan jauh kadalam bathin dan inilah intinya Seni Peran, dan akan lebih indah lagi apabila kejadian ini dikaitkan dengan kekuasaan Tuhan pada manusia itu sendiri. Sehingga pada akhirnya kita dapat melihat betapa

Peran Manusia terhadap kehidupannya
adalah
sebuah karya seni terindah didunia ini

-. Seni Patung merupakan keindahan yang diungkap dalam bentuk tiga dimensi dalam pengertian fisik, tetapi tetap membuat sebuah khayalan tentang keindahan sebuah obyek menjadi kenyataan yang dapat ditangkap oleh rasa terdalam pada siapapun yang merasakannya. Didalam kehidupan manusia, obyek patung merupakan lambang keberadaan seseorang didalam peranannya dalam kehidupan alam semesta ini sehingga apabila hal ini diungkap dengan rasa keindahan yang dalam, hal ini akan menjadi sebuah karya patung yang sangat indah dan sangat membuat seseorang merasakan getaran yang ada didalamnya dan terasa jiwa dari pembuatnya yang merupakan olahan getaran jiwanya terhadap sebuah benda mati untuk menjadi sebuah benda hidup dalam arti yang sangat dalam.
-. Seni Gerak dimana setiap gerakan kehidupan dapat diungkapkan dengan suatu gerak yang indah dan membuat seolah olah setiap gerak kehidupan manusia adalah indah dan dengan segala kamampuan mengolah arti dari sebuah gerakan maka seluruh kehidupan akan menjadi sebuah keindahan. Akan halnya gerak roda dunia yang begitu menakjubkan setiap manusia yang memikirkannya, akan menjadi obyek seni gerak yang sangat indah dan kaya dalam pengekspresiannya dan itulah karunia dari Tuhan Semesta Alam yang telah diberikan kepada manusia yang dapat merasakannya.
-. Seni Olah Suara yang sering disebut dengan istilah Seni Vokal. Seperti halnya kehidupan dari setiap mahluk dialam semesta ini, nafas yang dikeluarkan oleh setiap detik kehidupan membuat kehidupan mempunyai arti penting. Akan halnya olah suara merupakan pengolahan ekspresi dari nafas kehidupan ini sehingga dapat dirasakan oleh alat penangkap getaran suara dari setiap insan dan mahluk didunia ini. Setiap mahluk akan dapat menangkap getaran olah suara ini berdasarkan dari alat penangkap yang dipunyainya sehingga akan terasa berbeda dalam mengartikan maupun merasakannya, dimana hal ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dari alat tersebut karena kecerdasan adalah sebuah perangkat penerima yang dapat mengolah getar alam menjadi suatu bunyi yang indah dan ketika sebuah getaran masuk pada jiwa seseorang maka alat ini akan mengolahnya menjadikan suatu bentuk gelombang suara yang akan terasa berbeda bagi setiap orang, sehingga dari sinilah muncul berbagai jenis gelombang yang kemudian kita kenal dengan Seni Suara yang akan membawa kita pada suatu keadaan dimana rasa keindahan akan menguasainya.
-. Seni Kehidupan adalah sebuah karya seni yang sifatnya universal dan menyentuh setiap detik kehidupan manusia. Akan halnya keindahan dari seni kehidupan sangatlah tergantung dari daya pikir manusia itu sendiri karena hal ini tidak akan sama dirasakan oleh setiap manusia. Seorang manusia yang mempunyai daya pikir rendah selalu menilai bahwa kehidupan adalah sesuatu yang sangat membosankan dan sangat membuat dia tidak nyaman sehingga dia sama sekali tidak dapat menikmatinya, akan tetapi sebenarnya dia sangat merasakan sebuah getaran kehidupan yang membuat dia masih terus merasakan keinginan untuk tetap pada keadaan itu dan mungkin inilah yang membuat dia tidak menyadari bahwa kehidupan adalah sebuah getaran yang membuat kita merasakan sebuah keindahan yang hanya dapat dirasakan ketika kita mampu merasakannya dengan menggunakan daya pikir yang lebih tinggi dan mampu mengolah segala hal yang terjadi menjadi sebuah karya seni yang indah. Sehingga apapun yang dia lakukan akan selalu memberikan gambaran nyata dari sebuah kehidupan yang harus selalu diolah dengan ketinggian daya pikir dibantu dengan kedalaman rasa yang akan membuat kehidupannya menjadi karya yang indah.

Masih banyak lagi hal lain yang dapat dirasakan keindahannya namun untuk menguraikannya memerlukan kedalaman berfikir yang sudah tidak dapat dijangkau oleh pola pikir manusia biasa dan untuk menyatakannya perlu pemahaman yang sangat dalam menjangkau seluruh pola kehidupan yang bernuansa kebathinan dan akan sangat terasa keindahannya ketika hal ini dipadu dengan sebuah keyakinan pada keberadaan sebuah kekuatan yang Maha Perkasa, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.


Actions

Information

One response

27 05 2009
maarbelia sucipto

asik2 aja . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: