Ibadah

12 10 2008

Kata ibadah merupakan kata kerja yang menandakan sebuah aktivitas yang mempunyai arti didalam kehidupan spiritual seorang manusia didunia ini.
Pada mulanya kata ini tidak memiliki arti apa apa ketika seorang Nabi menyebutkan kata ibadah, tetapi dengan tehnik penyampaian yang baik maka kata ibadah menjadi sesuatu yang sangat istimewa dan sangat mengandung nilai spirituil yang tinggi dimana setiap orang yang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kepercayaannya pada sebuah kekuatan lain diluar dirinya mereka sebut beribadah. Akan halnya Nabi Muhammad SAW, disaat dirinya diberi sebuah kekuatan bathin yang sangat baik dan bersih, beliau menggunakan kata ibadah hampir disetiap kegiatan keagamaannya dan menyuruh para pengikutnya selalu melaksanakan apa yang beliau rasakan baik dan berguna dalam menjalani kehidupan didunia ini sehingga setiap langkah yang diambil selalu berdasarkan hal hal yang menyangkut peribadahan.
Lalu apa sebenarnya arti dari kata ibadah itu sendiri?
Setiap manusia yang merasa dirinya membutuhkan sebuah kekuatan lain diluar dirinya selalu menginginkan kedekatan yang tinggi dengan kekuatan tersebut, demikian pula dengan para pengikut Nabi besar Muhammad SAW, mereka sangat menginginkan selalu berada dipelukan keimanan yang kuat terhadap kekuatan itu sendiri, yang tidak lain kekuatan Tuhan YME sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi besar Muhammad saw. Akan halnya kaum muslimin yang sudah merasa dirinya mantap didalam menjalankan ritual ritual keagamaannya mereka selalu merasa bahwa setiap langkah kehidupan harus didasari oleh kata ibadah karena dengan memakai kata itu, mereka merasakan sebuah keistimewaan didalam menjalankannya, sehingga bukan mustahil mereka makanpun akan disebut ibadah.
Didalam ajaran sebuah agama, dimana kata ibadah dijadikan pedoman yang baik dan mengarah kepada kegitan ritual, maka setiap orang wajib melakukannya dan setiap pengikut sebuah ajaran akan mengatakan bahwa kegiatan ritual yang mereka lakukan adalah sebuah ibadah, sehingga kata ibadah menjadi semakin dekat dengan kegiatan keagamaan yang setiap hari harus dijalankan dimana setiap manusia akan merasakan sebuah kekuatan bathin yang diharapkan sangat baik akan datang dari dalam dirinya dan membawa kehidupannya kejalan yang benar dan diridhoi Tuhan YME.
Jadi apabila ada seorang manusia merasa dirinya telah menjalankan kewajiban kewajiban keagamaan yang dianutnya maka dia akan merasa telah menjalankan ibadah keagamaannya dengan baik dan mereka merasa bahwa dirinya sudah benar benar bersih dari segala hal yang mengarah kepada hal yang berbau dosa. Tetapi benarkah demikian?

Setiap perbuatan yang dilakukan dijalan Tuhan YME memang mempunyai arti ibadah yang sangat kuat, namun bagi orang yang menjalankannya belum tentu mempunyai nilai yang baik pula karena banyak sekali orang yang menjalankan kehidupan beragamanya tidak mencerminkan nilai nilai keibadahan seperti yang mereka sampaikan kepada orang lain. Masih banyak diantara mereka yang merasa bahwa dirinya telah menjalankan ibadah dengan baik tetapi perilaku mereka tidak menggambarkan peribadahan yang baik sehingga sering menimbulkan ketimpangan ketimpangan didalam kehidupan pribadinya, dan ini merupakan hal yang sangat ditakuti oleh orang yang benar benar mengerti akan peranan dan arti dari sebuah peribadahan.
Jadi dalam hal ini alangkah baiknya dan bermaknanya apabila perbuatan yang sifatnya ibadah diiringi pula oleh peribadahan yang sifatnya bathiniah yang akan membuat manusia merasakah secara total arti dari pelaksanaan sebuah peribadahan yang dilakukannya dimana dia akan merasakan sebuah kedamaian yang sangat mendominasi kehidupannya yang sudah barang tentu akan mempengaruhi setiap langkah yang dia ambil didalam perjalanan kehidupannya dan selain kedamaian dia juga akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa disaat dia menjalankan sebuah kegiatan yang mempunyai nilai ibadah dan ritual tinggi.
Jangan beranggapan bahwa setiap langkah kehidupan merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan sungguh sungguh karena sebenarnya yang harus dilakukan adalah kegiatan yang membuat dirinya merasa bahagia pada kehidupan yang dijalankannya sehingga kegiatan ritual akan menjadi sebuah kebahagiaan sendiri didalam menjalankan setiap langkah kehidupannya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: