Designer

12 10 2008

Kemampuan seseorang didalam mengekspresikan gagasan yang selalu didasari oleh sebuah dasar idea yang original dan merupakan sebuah gambaran dari suatu karya kreatif disebut seorang designer.

Sebuah design yang mengacu pada seperangkat aturan yang selalu dijadikan patokan untuk sebuah hasil yang baik, dalam arti diakui dan diminati oleh masyarakat luas, selalu melalui sebuah proses pekerjaan yang selalu mengacu pada keberhasilan sebuah karya yang dihasilkan sebelumnya.
Jadi ketika sebuah karya design dihasilkan, maka yang akan terjadi adalah sebuah reaksi masyarakat yang melihat ataupun memakai karya tersebut. Ketika sebuah reaksi muncul, sebuah gambaran pendapat terlihat jelas dan mempunyai nilai koreksi yang tinggi sekaligus nilai penghargaan yang tinggi pula.
Ketika sebuah karya masih tersimpan didalam kepala seorang designer, ada semacam kerangka berpikir yang selalu mengikuti dimana sebuah kerangka ini berpatok pada berbagai keadaan dan berbagai keinginan lain yang secara bersama muncul pada kepalanya. Agar segala hal yang muncul ini dapat dilihat dan dikaji dengan baik, maka seorang designer harus mampu mengatur dan menyusun apa yang muncul dikepalanya dan membuat sebuah skema dari apa yang dibayangkan, kemudian apa yang diinginkan, apa yang menjadi kendala & acuan dan bagaimana kira kira cara untuk membuat karya itu dapat terrealisasi dengan baik sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diinginkan.
Didalam perjalanan ini seringkali terjadi penyesuaian kehendak dan acuan demikian juga penyesuaian kehendak dengan kendala, tetapi apapun yang dialami didalam proses perealisasian sebuah keinginan yang didasari pada bayangan idea, maka semuanya adalah merupakan sebuah perjalanan yang harus dilalui oleh seorang designer.
Didalam konteks aritektur misalnya proses ini dikenal dengan nama konseptualisasi proses atau proses pemahaman dan pengartian dari sebuah keinginan yang didasari oleh bayangan bentuk yang diinginkan dan didalam konteks yang lebih luas, maka arti kata designer dapat dikategorikan kepada keahlian didalam membuat sebuah karya imaginatif menjadi suatu karya yang nyata dan dapat dirasakan oleh anggota badan maupun hati seseorang yang melihat ataupun memakainya.
Dalam pengertian Bahasa Indonesia, kata designer tidak dapat dijadikan satu arti untuk seluruh konteks karya design, karena setiap hal yang menjadikan designer dapat berbuat sesuatu untuk merealisasikan bayangan dan keinginannya tidaklah mempunyai proses yang selalu sama dan juga lingkup pemahaman dan pengartian dari pekerjaannya.
Bagi seorang designer yang bergerak didalam busana misalnya tidak bisa kita katakan sebagai perencana busana karena dia tidak merencanakan sesuatu yang mengacu pada berbagai persyaratan yang dapat mengikat kebebasan dia dalam berkarya.
Didalam konteks arsitektur atau pekerjaan sejenis, seorang designer tidak dapat dikatakan sebagai perancang karena dia tidak cukup hanya melakukan pengamatan secukupnya dan kemudian dia juga tidak cukup hanya memikirkan sepertiga dari beberapa persyaratan lain yang berarti seorang designer yang mengolah sebuah rancangan arsitektur harus mempunyai beberapa keahlian yang sangat mengikat satu sama lain dan mengikat seluruh komponen yang ada didalamnya.
Walaupun demikian kata designer akan tetap dipakai bagi seorang manusia yang membuat sebuah karya imaginatif menjadi sebuah karya nyata dengan mengutamakan kehendak orang lain yang tidak terlalu membuat dirinya kehilangan daya imaginatifnya, sehingga didalam kehidupannya seorang designer akan selalu berusaha mendengarkan kehendak orang yang ingin memakai karyanya.
Seringkali apabila seseorang menyebut dirinya seorang designer, selalu membuat orang tertawa karena sebenarnya seorang designer yang benar benar kualified, seringkali merasa tidak yakin pada apa yang sedang dikerjakannya sebelum orang yang memakai karyanya menyatakan senang dan puas atas hasil yang dicapainya.
Jadi kata designer didalam bahasa Inggris ternyata sangat luas lingkup pengertiannya dibanding dengan kata perancang ataupun perencana, karena didalam kata perencana ada sesuatu yang dibuat dulu untuk kemudian diuji kebutuhannya apakah bisa digunakan atau tidak kemudian diperbaiki untuk selanjutnya diuji lagi, diperbaiki lagi sehingga sebuah perencanaan akan membutuhkan proses panjang, sedangkan kata perancang tidak begitu membutuhkan pengujian berulang tetapi cukup mengacu pada sebuah teori ataupun pada keinginan si pemakai dan dengan sebuah kemampuan daya cipta yang baik maka sebuah karya akan dapat diterima oleh pemakai ataupun pengguna lainnya.
Seperti apa akhirnya pengertian designer dalam bahasa Indonesia, apakah setara dengan perencana atau setara dengan perancang, atau dia mempunyai pengertian sendiri yang tidak setara dengan kedua kata itu?
Untuk mengetahui hal ini lebih jauh, maka pertama tama kita harus melihat dari sudut pandang mana kita melihat kata designer ini apakah dari sebuah karya atau dari sebuah proses. Apabila kita melihat :
• kata designer dari sebuah karya,
maka yang akan kita lihat adalah seorang manusia yang mempunyai keahlian didalam membuat sebuah karya imaginatif menjadi sebuah karya nyata yang diakui masyarakat pemakainya,
dan apabila kita melihat
• kata designer dari sebuah proses,
maka akan terlihat dengan jelas bahwa arti kata designer sangat luas jangkauannya dan tidak dapat dibuat hanya dengan satu kata yang sama karena didalam merealisasikan sebuah keinginan menjadi sebuah karya nyata dibutuhkan berbagai keahlian yang berhubungan dengan jenis benda atau karya yang akan dihasilkannya sehingga kata designer akan berarti perencana, perancang bahkan pembuat, dan yang lebih menonjol didalam kesehariannya kata ini akan tetap dipakai untuk seluruh keahlian dalam penciptaan dan mungkin akan demikian selamanya karena tidak ada sebuah katapun didalam bahasa Indonesia yang mampu memberikan sebuah pengertian yang dapat dipakai untuk seluruh konteks yang berkaitan dengan proses penciptaan ini.

Jadi biarkan kata ini seperti adanya, jangan berusaha untuk menterjemahkan kedalam bahasa lain, dan jangan pula mencoba membuat sebuah definisi kata yang sepertinya mempunyai arti yang sama dengan kata ini karena pada akhirnya selalu didapat ketidak sesuaian dengan arti lain dari kata ini.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: