SEJARAH PERKEMBANGAN SENI

10 10 2008

Seperti telah diuraikan pada Pengertian Seni, terdapat kalimat yang mengatakan bahwa keindahan adalah seni karena menyentuh kedalaman rasa pada seorang manusia. Jika kita kaji lebih jauh, maka akan kita lihat betapa manusia tidak dapat dipisahkan dengan kata SENI dimana setiap detik nafas kehidupan akan merupakan keindahan bagi setiap insan manusia yang merasakannya. Ada semacam keinginan yang sangat mendasar dimana keindahan menjadi faktor utama didalam menentukan sebuah kwalitas kehidupan. Walaupun tidak dapat diukur dengan tepat, tetapi seperti ada kesepakatan yang menggambarkan nilai nilai keindahan mempengaruhi setiap langkah kemajuan jaman.

Dimulai dengan pembentukan sebuah tempat dimana manusia tinggal. Pada jaman dulu dimana kebutuhan dasar manusia terhadap tempat tinggal hanya dipengaruhi oleh cuaca dan alam sekitarnya, mungkin belum terlintas untuk berpikir keindahan karena pada jaman itu hal yang sangat mempengaruhi kebutuhan hanyalah bagaimana mereka dapat selamat dari keadaaan cuaca buruk dan binatang buas. Dengan perjalanan waktu dimana kehidupan mulai meningkat kepada kebutuhan lain selain dua hal diatas, manusia mulai memikirkan keindahan yang dapat dilihat dari bentuk bentuk geometris dan lekukan lekukan pada benda benda pakai seperti pegangan pisau dan beberapa alat rumah tangga.
Sampai pada kemajuan yang sangat dramatis dimana ditemukannya rumus rumus mathematis yang dapat menirukan bentuk bentuk alam kedalam bentuk yang dapat diukur, membuat kebutuhan akan keindahan menjadi lebih utama apalagi ketika sebuah kerajaan mulai memperlihatkan kekuasaannya, keindahan menjadi ukuran tingkat kehidupan sosial saat itu.

Sejarah seni dimulai dari saat manusia mulai berpikir akan nilai nilai tambah bagi kehidupan spirituilnya. Disana sering terdapat benda benda istimewa yang memberikan kekuatan spirituil dibentuk dengan sangat memikirkan keindahan, sehingga diperlukan keahlian khusus didalam membuatnya. Sudah barang tentu orang yang diberikan tugas membuat bukan orang sembarangan tetapi orang yang ditunjuk masyarakat karena keistimewaannya dan kemampuan spirituilnya.
Kegiatan spirituil merupakan kegiatan utama bagi peradaban manusia ketika mereka menyadari adanya kekuatan ghaib yang menguasai kehidupan mereka. Dengan segala kekuatan hati mereka berusaha menyentuh kekuatan itu melalui upacara upacara spirituil dengan berharap kehidupan dilindungi dan menjadi lebih baik. Spirituil adalah kebutuhan dasar manusia karena menyentuh jiwa yang memakai raga untuk menjalankan kehidupan didunia yang berarti setiap jiwa yang berada didunia ini akan selalu ingin mendekatkan dirinya pada sebuah kekuatan alam yang sangat diyakini akan memberikan kehidupan yang diinginkan.
Lalu dimana letak keindahan didalam fenomena ini?
Ada semacam rasa yang tidak dapat dianalisa oleh siapapun karena rasa itu telah ada dari sejak manusia menghuni bumi dan apabila kita mengatakan bahwa ini merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa maka hal ini berarti segala hal yang menyangkut rasa merupakan salah satu kehidupan yang diciptakan olehNya pada diri manusia dengan segala kelengkapannya. “Dimana kita dapat merasa, disitulah kita hidup.”
Kalimat sederhana tetapi mempunyai makna yang kuat dimana rasa sangat mendominasi kehidupan manusia didunia ini. Sebagai ungkapan dari setiap perasaan yang timbul, manusia berbuat bermacam cara agar orang lain dapat merasakannya ataupun sekedar mengetahui. Ada semacam kekuatan naluri dimana rasa keindahan sudah berada didalam jiwa manusia begitu dia mengisi sebuah janin didalam kandungan dan hal ini akan dapat dirasakan ketika manusia memulai kehidupannya dan akan selalu berperan penting didalam mengisi segala sisi kegiatannya.
Jadi sebenarnya apa yang kita rasakan tentang keindahan adalah sebuah komponen dasar pada jiwa manusia yang akan terus mengikuti setiap nafas kehidupannya sehingga dengan sendirinya
SENI merupakan KOMPONEN DASAR KEHIDUPAN
Seperti dalam alur cerita pewayangan, setiap tokoh mempunyai peran yang berperan untuk saling melengkapi tata kehidupan yang terjadi dimana setiap tokoh akan memainkan peranannya sesempurna mungkin sehingga ada semacam aturan yang mengatakan bahwa andaikata tokoh yang satu tidak ada maka kehidupan kurang terasa indah.
Nah apabila kita kaji lebih jauh akan arti dari kalimat diatas maka dapat dikatakan bahwa manusia diduniapun selalu mempunyai peran yang saling mengisi bahkan mungkin menjadi pelengkap bagi kehidupan berikutnya. Ada yang mengatakan bahwa manusia bukan manusia kalau dia tidak mempunyai kekurangan ataupun kelemahan. Baik sekali ungkapan itu karena memang seperti sudah tidak dapat kita pungkiri lagi setiap manusia akan mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan juga berbagai kekuatan dan kelemahan yang akan berperan terus selama dia hidup.
Namun apa sebenarnya yang harus dilakukan kehidupan apabila kita ternyata mempunyai kondisi2 yang selalu berlawanan, antara yang baik dan yang buruk, yang kuat dan yang lemah? Jelas ada, karena kita memang ada untuk memainkan peranan yang telah diatur sesuai dengan jalurnya, yang kita sendiri tidak pernah mengetahui apa sebenarnya rencana kehidupan peran kita ini. Andai ada seorang manusia yang dapat mengungkap keadaan yang selalu menjadi teka teki kehidupan, maka mungkin dia adalah seorang tokoh yang luar biasa dan mungkin dia adalah utusan dari kakuatan alam yang sangat mahir dalam menjalankan peranannya sebagai pengungkap peran. Ada juga semacam keraguan yang kadang muncul didalam hati manusia ketika sebuah peran sedang dijalankan tiba tiba berobah tanpa diduga yang akhirnya menimbulkan tanda tanya besar.
Ketika sebuah kehidupan mulai bergerak, disitulah sebenarnya keindahan mulai, dan ketika keindahan mulai bergerak, senipun mulai mengalir disetiap denyut jantung manusia dan ketika jantung dipenuhi aliran seni arti kehidupan mulai terasa indah dan disaat manusia mulai merasa indah disitulah sebuah kekuatan bangkit memenuhi setiap relung ruangan didalam jiwanya dan setiap rasa menempati ruang sendiri tanpa dapat diganggu oleh siapapun sekalipun oleh rasa yang lain.
Tidak ada keindahan tanpa perubahan, tidak ada perubahan tanpa keinginan, tidak ada keinginan tanpa kemampuan, tidak ada kemampuan tanpa dibangkitkan dan ketika segala keinginan mulai menampakkan diri kamampuanpun terpacu untuk lebih bergairah sehingga akhirnya semuanya menyatu didalam irama hidup yang indah.
Itulah seni…….

Bermula dari keinginan untuk menciptakan sebuah benda yang dapat dijadikan pusat pendekatan jiwa pada kekuatan alam, setiap langkah manusia akan tetap menginginkan kemajuan kedepan dan setiap langkah kehidupan dimulai disitulah seni mulai menjalankan kewajibannya membuat kehidupan menjadi sangat indah dan tidak pernah berakhir.
Akan halnya kehadiran para pemikir yang berulang dan bertambah, membuat seni berkembang pesat menggerakkan roda kesadaran akan kata keindahan bertambah kuat semakin kuat dan semakin kuat, sampai berakhir pada sebuah kata BUDAYA, peradaban manusiapun dimulai.
Selangkah demi selangkah Budaya mulai menapakkan kakinya dalam kehidupan yang akan berupaya terus menguasai seluruh kehidupan alam semesta dan manusia menjadi pemain utama dalam drama budaya ini sehingga akhirnya timbul perbedaan sudut pandang yang disusul oleh aneka ragam kehidupan membuat peradaban menjadi semakin kaya dan semakin indah, sejalan dengan perkembangannya SENI pun bertambah beragam pengertiannya. Seperti ketika sebuah kehidupan dimulai, maka sekarang berbagai kehidupanpun dimulai seolah bayi baru lahir kemudian dewasa dan mempunyai keturunan lagi.
Demikianlah sejarah perkembangan seni didalam kehidupan alam semesta ini dan sampai kapanpun pengertian seni akan terus bertambah dan beragam, namun akan tetap dalam satu alur kuat yaitu INDAH.


Actions

Information

2 responses

5 01 2010
Syam S. Tamoe

“….hidup adalah seni, dan seni adalah kehidupan…

6 10 2013
Editiya tri ananda

minta penjelasan yang lebih rinci tentang sejarah perkembangan seni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: