PENGERTIAN SENI

10 10 2008

Didalam kehidupan manusia kata seni sering sekali dikaitkan dengan sebuah karya gambar atau lukisan. Ada semacam kesalahan didalam mengartikan kata seni yang sebenarnya sangat luas.
Banyak sekali hal hal yang berkaitan dengan kegiatan manusia yang sangat indah walaupun itu bukan dalam bentuk karya lukis. Misalnya ada sebuah analisa yang sangat baik mengenai kebutuhan perang didunia ini dimana disana terlihat adanya sebuah kecenderungan memakai kata seni untuk sebuah rencana penyerangan ataupun untuk bertahan. Dalam hal ini kata seni sama sekali sudah tidak berbentuk karya gambar ataupun lukisan tetapi dalam bentuk konsep strategi perang.
Ada sebuah contoh lain dimana seseorang membuat kesalahan yang sering membuat dirinya terpuruk pada kemiskinan dan ketidak percayaan pada kehidupan ini. Tiba tiba didalam pikirannya muncul sebuah gagasan untuk merobah sikap hidup dan cara dia menjalaninya. Sekelumit terlihat ada sebuah sinar terang berada didalam pikirannya dan dia begitu kagum dengan cahaya tersebut karena menerangi seluruh alam pikirannya dan disana dia melihat betapa indahnya pengalaman dia yang membuat dirinya begitu menyadari bahwa tanpa kesalahan dan pengalaman yang pahit sangatlah mustahil dia mendapatkan cahaya itu dan disitulah dia menyadari betapa sebuah kesalahan dan kemiskinan merupakan sebuah seni kehidupan yang membuat hidup ini menjadi lebih indah dan mempunyai arti yang begitu dalam.
Jadi apa sebenarnya seni itu ?
Jika kita melihat dari asal muasalnya kata seni sebenarnya sangatlah sederhana karena kata ini hanya sekedar istilah yang tanpa sengaja dilontarkan oleh seseorang yang pada waktu itu sangat mengagumi sebuah keindahan alam dan didalam bayangan kalbunya keindahan alam itu begitu merasuk kedalam jiwanya dan tanpa dia pikir pikir lagi dengan segera dia mengungkap keindahan itu dengan kata seni yang berarti indah.
Walaupun cerita diatas belum tentu benar atau tidaknya tetapi dari situ kita dapat membaca bahwa memang kata seni seringkali dikaitkan dengan keindahan yang memang jelas ada hubungannya.
Seni didalam bahasa lain bisa juga berarti bahasa atau suara dimana setiap orang yang mengeluarkan suara indah selalu dikategorikan dengan seni suara. Nah apabila segala yang indah indah itu selalu dikaitkan dengan seni, apakah memang seni itu sama dengan indah ?
Ada semacam kerancuan didalam memberikan ketepatan dalam pengertian seni karena setiap orang dapat saja berbicara seni menurut sudut pandangnya masing tanpa dapat dipersalahkan ataupun diganti dengan sudut pandang lain, tetapi sepertinya sudah ada kesepakatan tanpa rundingan dimana kata seni sering sekali dikaitkan dengan kata indah sehingga seperti sudah menjadi kebiasaan bahwa seni itu indah, dan karena sepertinya semua orang dengan sudut pandang manapun akan sepakat bahwa SENI adalah :

SEBUAH KEINDAHAN YANG DAPAT MENGUNGKAP RASA
SAMPAI JAUH KEDALAM JIWA SESEORANG

Jadi apabila pernah merasakan sebuah getaran keindahan yang begitu dalam dan membuat kita tidak dapat lagi melupakannya maka artinya kita sudah dapat menangkap arti kata seni dalam arti yang sebenarnya.


Actions

Information

2 responses

1 11 2011
lukisanminimalismurah

Pendapat seni menurut para ahli:
1. Menurut Alexander Baum Garton Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
2. Emanuel Kant Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
3. Menurut Leo Tolstoy Seni adalah menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami.
4. Menurut Aristoteles Seni adalah bentuk pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
5. Ki Hajar Dewantara Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan persasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

2 11 2011
mirabiela

TErima kasih sharenya.. menambah luas pengertian seni.. dan yang aku tulis adalah murni dari yang masuk kedalam kepalaku ketika aku ingin menuliskannya… Sekali lagi terima kasih dan salam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: