BENTUK ARSITEKTUR INDONESIA INTERNASIONAL

10 10 2008

Yang dimaksud dengan Arsitektur Indonesia Internasional adalah karya Arsitektur yang dapat menembus pasar dunia dimana Arsitektur Indonesia akan dijadikan salah satu acuan disain ataupun tulisan ilmiah oleh dunia internasional termasuk hal-hal yang terkait dengan dunia ini.

Dilihat dari judul dan maksudnya alangkah indahnya arsitektur kita nanti sehingga dapat digunakan oleh arsitek-arsitek dunia dalam merancang suatu karya arsitektur dimasa depan.
Yang jadi persoalan utamanya adalah bagaimana bentuk arsitektur kita ini yang dapat diterima dan dijadikan salah satu acuan dalam karya karya arsitektur dunia.
Sangat sulit, bahkan hampir tidak mungkin karena untuk merealisasikan hal ini perlu usaha yang extra besar dan terutama kemampuan jangkauan pemikiran yang luar biasa jauh.

Tetapi tidaklah salah kalau kita mulai mencoba mengurai dan mencoba membuat suatu konsep dasar dari arsitektur Indonesia dimasa datang sehingga kita tidak akan terlalu ketinggalan dalam hal pemikiran maupun karya besar.

Arsitektur Indonesia adalah bentuk arsitektur yang tidak merupakan suatu karya yang terjadi karena perpaduan berbagai jenis karya arsitektur tradisional sebagaimana yang terjadi sekarang ini.
Arsitektur Indonesia adalah suatu karya disiain putra bangsa yang dapat mengadaptasikan kemajuan teknologi dan kehidupan masyarakat tradisional Indonesia dan hal ini perlu pengkajian yang teliti dan jangkauan pemikiran yang sangat luas karena banyak sekali aspek kehidupan masyarakat yang harus diakomodsikan dengan baik dan memenuhi segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Jika kita melihat sebuah karya arsitektur yang besar maka kita akan merasakan suatu nuansa jiwa dari karya itu yang begitu bergetar kuat sehingga mempengaruhi seluruh indra kita dan karena kuatnya getaran itu maka kita akan merasa sangat kagum dan ada keinginan untuk mengikuti pola pemikirannya ataupun bentuk yang terjadi.
Hal inilah sebenarnya kunci dari segala karya arsitektur yang besar.
Getaran yang terjadi sebenarnya disebabkan oleh kuatnya prinsip ilmu arsitektur yang dipakai oleh para arsiteknya, dan yang lebih dapat membuat arsitek dunia ini menjadi begitu terkenal dan sangat digandrungi pola pikirnya adalah bahwa mereka sangat konsisten dalam mencermati karya arsitektur yang menurut mereka akan mempunyai nilai jual tinggi sehingga dengan demikian mereka sangat mencermati setiap detail bagian dari karyanya dengan mengkaji dari berbagai aspek disain maupun aspek kehidupan manusia.

Arsitektur tradisional kita jaman dulu memang cukup menggetarkan setiap jiwa orang yang melihatnya dan juga sangat unik dalam melaksanakan karya disainnya, tetapi jaman terus berubah terutama sesudah revolusi Industri dan teknologi berkembang dengan pesatnya sehingga hal ini sangat mempengaruhi perkembangan karya-karya arsitektur dunia.
Sayangnya perkembangan teknologi ini kurang mendapat tempat yang nyaman di hati para arsitek tradisional kita yang masih sangat mendewakan kehebatan arsitektur tradisional. Walaupun sebenarnya hal ini sangatlah penting apabila dilihat dari sudut kepariwisataan dan ciri dari negeri kita atau lebih tepat ciri daerah di Indonesia.


Actions

Information

One response

17 10 2008
arsitek indonesia

a nice blog…
artikelnya menarik…
emang seharusnya klo arsitektur indonesia yang ada harus dilestarikan…
boleh si ditambah tapi harus tetap tidak mengurangi ciri khas kepribadian bangsa kita….
saya nantikan artikel yng selanjutnya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: