Konsep

9 10 2008

Dalam segala bidang, baik itu keilmuan atau praktek praktis, istilah konsep banyak sekali digunakan dan sepertinya kata konsep sudah sangat biasa diucapkan oleh banyak orang. Tetapi, apabila kita bertanya kepada mereka apa yang dimaksud dengan konsep itu, ternyata tidak semua orang dapat menjelaskannya dengan baik. Ada yang hanya menggunakan logika dan ada juga yang mencoba dengan bahasa ilmiah yang sepertinya sangat edukatif. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa orang yang mengaku sangat ahli dibidangnya, begitu ditanyakan apa arti konsep, mereka juga akan menjawab dengan berbagai macam versi.
Jadi apa sebenarnya pengertian konsep yang tepat atau bagaimana uraian yang sifatnya definitif tentang Konsep ?
Untuk memberikan suatu pengertian, maka terlebih dahulu kita harus mencari asal mula keluar kata konsep.
Konsep bermula dari seorang ahli kimia yang hidup dijaman dahulu yang tengah membuat suatu ramuan untuk membuat suatu bahan yang mengandung unsur kimia atom yang mempunyai daya hancur sangat tinggi, Setelah dia mendapatkan formulanya, dia menjadi bingung, karena formula itu kemudian akan dijadikan apa. Dari situ dia mulai berfikir segala alternatif kegunaan dan bagaimana cara menggunakan dan apa kira kira akibatnya. Pada saat itulah dia menemukan suatu jalinan antara kegunaan, cara menggunakan dan akibat yang merupakan suatu himpunan yang erat berkaitan tetapi mempunyai beberapa perbedaan dan akibat dari jalinan itu adalah suatu hasil akhir yang sangat dia tidak duga sebelumnya dan dalam dia menganalisa dan mengsintesakan segala hal yang dia perlukan dalam otaknya terus berfikir bahwa proses dimana dia bekerja untuk menghasilkan sesuatu adalah suatu proses yang panjang dan hasilnya adalah suatu hasil penemuan penggunaan yang cemerlang. Pada saat itulah dia berfikir untuk memberi nama hasil penemuan dia itu dan lahirlah kata K O N S E P yang berarti suatu hasil pemikiran yang telah melalui suatu proses penganalisaan, pengsintesaan dari beberapa faktor yang mempunyai karakter yang berbeda menjadi suatu karya kreatif yang dapat mengakomodir perbedaan dari faktor terkait dan istilah yang dia pakai saat itu bukan analisa ataupun sintesa tetapi suatu penguraian dan penyatuan permasalahan yang sangat rumit dan harus dapat saling digabungkan untuk mendapatkan suatu kesatuan yang baik dan dengan suatu proses kreativitas maka kesatuan itu berhasil dijadikan suatu karya ilmiah gemilang.

Jadi pengertian konsep yang benar adalah SUATU HASIL PEMERSATUAN MASALAH YANG DILENGKAPI DENGAN KREATIVITAS UNTUK MENDAPAT SUATU HASIL YANG OPTIMAL DAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN BAIK.

Berikut ini kutipan pendapat dari 3 orang Arsitek terkenal didunia

FRANK LLOYD WRIGHT

I believe that every body can say the word of concept, but I wonder all of them can say that word with full understanding what it is.
Now I am trying to explaine my opinion about concept
I know every detail of my problems, and I know that I have to do one thing to resolve them but if I don’t have any capability to make analysis and how to get the result of solving that problem, it’s nothing, but if I try to make the studies and I try to do a good plan, I’m sure I will have so many solution to get a good thing of my out put in my process. So that’s why we need to make a concept for every detail of our design.
Regarding of my words before, I can say that concept is A SOLUTION WE MADE TO ACHIEVE OUR OBYECTIVE WITH CONSIDERING ALL THE PROBLEM OF ANY MATTER INVOLVED AND WITHOUT ANY CREATIVITY, IT’S IMPOSSIBLE TO GET THE BEST ONE.

LE CORBUSIER

If I said so many people in the word can not say what concept is, it’s very arrogance, but even I hear some body say so many times, “ I have a good concept “, I wonder he or she doesn’t have any single word to make a real or what is the definition of concept.
OK I don’t mind even they can say or not, but the most important is what I say
In my opinion, the Concept is, collaboration of many characteristic matters involved in our design process with creativity as a soul.

Aero Sarrinen

According to my experience, I don’t believe that’s concept can make our life will going well. Because so many people I knew, are living without any concept and they have a good life.
But design is not a life, it’s our activity. Every day we have to do some thing to get some thing, and every time we have to think to get a better one.
So in that time we considering of many problem we got and try to make a good plan to achieve our live getting better and with our creativity we can make it.

Dari ketiga tokoh arsitek terkenal diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa
KONSEP adalah suatu hasil pemikiran yang merupakan penggabungan berbagai macam unsur yang mempunyai karakteristik yang berbeda dimana kwalitasnya ditentukan oleh faktor kreativitas.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: